Kenapa belum juga haid setelah lepas KB suntik?

RP Info Penanya: RP
hallo dok saya mau tanya,saya menggunakan kb 3 bln selama 2 thn lebih,saya sudah berhenti kb selama 3 bulan,tapi belum haid juga ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RP,

KB suntik adalah salah satu metode kontraspesi yang bisa menimbulkan beragam efek samping dimana salah satunya adalah membuat perdarahan di luar masa menstruasi, tidak haid sama sekali ataupun gangguan siklus menstruasi lain, nyeri payudara, pertambahan berat badan dan lainnya.

Setelah lepas KB suntik, sering kali kadar hormonal dalam tubuh masih dipengaruhi oleh hormon yang disuntikan melalui KB suntik tersebut sehingga bisa juga berpengaruh pada kesuburan. Untuk itu apabila menggunakan KB suntik, seseorang memerlukan waktu hingga beberapa bulan untuk bisa kembali subur.

Jika sampai lebih dari 90 hari masih belum juga timbul menstruasi ataupun mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar, ada baiknya untuk dilakukan pemeriksaan. Nantinya bisa diberikan pengobatan berupa obat hormonal apabila siklus menstruasi masih terganggu oleh kadar hormon yang belum seimbang. 

Perlu juga memperbaiki pola hidup sehari-hari agar membantu proses pemulihan hormonal pasca lepas KB. Jaga asupan nutrisi, jaga pola istirahat, olahraga rutin, dan juga penting untuk mengelola stres dengan baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mayoritas wanita baru mengetahui mengidap fibroid rahim alias mioma secara tidak sengaja namun mioma dapat disembuhkan dengan obat maupun operasi

Mengidap Fibroid Rahim? Tenang, Begini Cara Menyembuhkan Fibroid Rahim!

Fibroid rahim alias mioma bisa disembuhkan dengan obat maupun operasi. Tumor jinak ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa gejala fibroid rahim, antara lain nyeri haid yang parah dan sakit perut.