22 Jun 2020, 09:49Kandungan

Siklus haid yang maju, apakah aman ?

SU
Info Penanya: SU0
Selamat pagi dok. Saya ingin bertanya dok.... Pada bulan lalu saya datang bulan tanggal 30, lalu pada bulan sekarang saya datang bulan hari ini tanggal 22, apakah itu aman dan normal dokk?? Sedangkan saya masih usia 19th. Apakah ada faktor faktornya dokk??? Terimakasih dok...
27685 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat pagi, A.Siklus haid merupakan suatu sistem kompleks yang diatur oleh berbagai hormon yang dihasilkan oleh organ reproduksi sendiri serta kelenjar-kelenjar lainnya. Terdapat berbagai macam faktor yang dapat mempegaruhi keseimbangan hormon yang mengatur siklus haid. Pada keadaan hormon yang tidak seimbang, siklus dapat mengalami beberapa gangguan seperti perubahan durasi, pemanjangan atau pemendekan siklus, keterlambatan, hingga perdaran diluar siklus haid.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi siklus haid, diantaranya adalah :

  • faktor genetik atau biologis
  • status gizi
  • pola makan
  • pola aktivitas
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • keadaan mental dan emosional
  • kondisi medis serta penyakit tertentu
Mengenai keluhan Anda, pada dasarnya tanggal datangnya haid yang maju atau mundur umumnya berhubungan dengan lamanya siklus haid. Secara normal siklus haid berlangsung antara 21-35 hari. Jika kemajuan tanggal haid Anda masih ada dalam rentang waktu siklus haid yang normal, maka umumnya masih aman dan tidak berbahaya. Beberapa faktor diatas mungkin mempengaruhi keseimbangan hormon pengatur haid Anda, sehingga terjadi sedikit perubahan yang mungkin bersifat sementara.Untuk saat ini ada baiknya Anda mencoba menghitung siklus hadi Anda selam 3 bulan kedepan untuk memastikan perubahan siklus haid tersebut. Jika Anda menemukan bahwa siklus haid Anda diluar dari rentang 21-35 hari secara berturut-turut dalam beberapa siklus, barulah Anda perlu memeriksakan diri ke dokter Spesialis Kandungan.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
siklus haidhormongangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil