19 Nov 2020, 12:41Infeksi

Penciuman dan pengecapan pasca sembuh covid

JL
Info Penanya: JL0
Siang dok, saya kan baru saja sembuh dari covid setelah saya sembuh penciuman saya blm begitu baik dan ketika saya makan bawang putih, telur, dan yang mengandung kalium terasa aneh di mulut saya. Itu kenapa ya dok?
107 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang JL,Covid-19 atau corona virus adalah infeksi yang bisa menyerang saluran pernapasan dan juga bisa memberikan beragam gejala pada organ tubuh. Salah satu gejala yang khas dari infeksi covid adalah gejala hilangnya kemampuan menghidu atau mencium bau yang disebut anosmia dan juga bisa ada gangguan pengecepan. Selain itu bisa juga gejala yang lebih berat seperti batuk, demam, sesak sampai gangguan pernapasan berat.Apabila dikonfirmasi mengalami infeksi dengan pemeriksaan swab PCR, maka perlu dilakukan penanganan jika ada gejala dengan penanganan simptomatik atau untuk mengatasi gejala yang terjadi. Orang yang terinfeksi juga perlu dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari atau jika ada gejala perlu diisolasi 10 hari ditambah 3 hari bebas gejala.Jika saat ini penciuman belum membaik, bisa karena masih dalam masa pemulihan. Bisa lakukan beberapa hal seperti:
  • Bilas hidung dengan air garam
  • Hindari dari paparan asap rokok, debu, ataupun alergen lain untuk membantu proses pemulihan
  • Tetap gunakan masker 
Perbanyak minum air putih, berkumur dengan obat kumur, sikat gigi dengan rutin, dan juga tidak banyak mengonsumsi makanan yang membuat tidak nyaman terlebih dahulu sampai benar-benar pulih. Tidak jarang pemulihan bisa lebih dari 1 bulan. Periksakan pada dokter spesialis THT jika memang keluhan mengganggu. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
infeksi viruscoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil