Kenapa keluar darah dari vagina?

PP Info Penanya: PP, Wanita, 28 Tahun
Dok sya mau tanya adik sya usia 5 taun keluar darah terus dri mis v nya . uda periksa ke spesialis anak . ktnya nunggu 1 minggu tpi sampe 3 hri mash ttp aja kya gitu . yg sya mau tnyakan kalo masalah adik sya berobat ke spesialis kandungan butuh biaya berapa .soalna ga ada bpjs jugam terus d periksa aja apa suruh usg
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PP,

Vagina adalah bagian yang sangat sensitif, sehingga mudah mengalami trauma dan berdarah. Perihal adik Anda yang masih berumur 5 tahun namun mengeluarkan darah dari vagina tentunya merupakan hal yang tidak wajar, dan bisa disebabkan oleh banyak hal.

Beberapa kemungkinan penyebab vagina yang berdarah adalah:

Bila sudah dilakukan pemeriksaan dan pengobatan namun masih tetap mengeluarkan darah mungkin butuh penanganan lebih lanjut berupa cek urin atau USG perut. Untuk biasanya bervariasi tergantung fasilitas kesehatan yang dituju, namun perkiraan untuk biaya USG berkisar Rp 400.000 an.

Saat ini yang dapat dilakukan di rumah adalah:

  • Rutin mengganti celana dalam.
  • Banyak minum air putih.
  • Pastikan setelah membasuh kelamin anak, area kelamin dilap kering baru pakai celana untuk mencegah infeksi jamur dan kelamin tidak lembap.
  • Berendam dengan air rebusan daun sirih, sehari 2 kali.

Lakukan pemeriksaan cek urin dan USG perut kemudian tunjukkan hasilnya ke dokter anak kembali.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kencing berbusa tanda gangguan ginjal

Mengenal Pemicu dan Cara Mengatasi Kencing Berbusa

Kencing berbusa bisa jadi salah satu tanda gangguan kesehatan. Mulai dari penyakit gangguan ginjal, dehidrasi, ejakulasi retrograde, hingga diabetes bisa jadi pemicunya.