Infeksi usus

A7 Info Penanya: A7
Dok saya mau tanya , paman saya 1 bulan yang lalu kesrempet sepeda motor tapi waktu itu sudah diperiksa hanya luka ringan akan tetapi setelah satu bulan tangan dan kaki sebelah kiri sulit digerakkan dan bab berwarna hitam setelah check ke Rs dan dilakukan uji lab ternyata paman saya mengalami infeksi usus karna terdapat luka berdarah di ususnya , dan pertanyaannya apakah kondisi kaki dan tangan sulit digerakan karna infeksi usus? Apa kaki dan tangan dapat normal kembali ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A7.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Infeksi usus adalah radang pada usus yang disebabkan oleh infeksi mokroorganisme baik berupa virus, bakteri atau parasit. Umumnya infeksi ditularkan melalui makanan dan dan minuman yang terkontaminasi. Gejala yang terjadi pada keadaan infeksi usus umumnya berupa diare, mual dan muntah, sakit perut serta demam.

Terkait dengan pertanyaan Anda, keluhan BAB hitam yang dialami oleh Paman Anda dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis yang meliputi :

  • konsumsi makanan dan obat-obatan tertentu
  • perdarahan saluran cerna yang terjadi karena :
    • polip usus
    • tumor jinak atau keganasan
    • angiosisplasia
    • kolitis ulseratif
    • varises esofagus

Untuk dapat memastikan penyebab dari keluhan yang diderita oleh paman Anda, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan penunjang USG atau jenis pemeriksaan lainnya sesuai dengan indikasi. 

Mengenai keadaan kaki dan tangan Paman Anda yang menjadi sulit untuk digerakan, umumnya tidak berhubungan dengan infeksi usus. Keadaan tersebut dapat terjadi karena trauma yang mengakibatkan cederanya saraf motorik (saraf yang berfungsi menyampaikan perintah pada otot untuk bergerak) di daerah tulang belakang atau kondisi medis lain seperti stroke. Kemungkinan untuk normal kembali bergnatung pada penyebab dan seberapa parah gangguan atau kelainan yang dialami. Ada baiknya Paman Anda ditangani lebih lanjut oleh beberapa bagian spesialisasi, seperti dokter spesialis penyakit dalam dan dokter spesialis saraf.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan berserat kurang cocok dikonsumsi penderita gastroparesis karena susah dicerna, kecuali dalam bentuk smoothies sayur

7 Cara Cepat Gemuk Bagi Penderita Gastroparesis

Ada makanan yang sebaiknya diprioritaskan dan dihindari bagi penderita gastroparesis. Ini 7 cara cepat gemuk yang mudah dilakukan.