Infeksi TBC tubuh menjadi kurus dan berat turun drastis. 2 bulan mengikuti berobat sudah berisi kembali.

AM Info Penanya: AM, Pria, 49 Tahun
Dok rolong dijawab permasalahan saya....saya menderita tb tubuh saya menjadi kurus dan berat badan turun drastis tapi setelah saya mengikuti pengobatan program dan setelah 2 bulan berobat badan saya sdh berisi kembali tetapi berat badan tidak ada peningkatan....pertanyaannya adalah kenapa berat badan badan saya tidak ada peningkatan sedangkan nafsu makan saya bertambah. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AM

Dua bulan berobat bukan berarti Anda berhenti minum obatnya ya pak. Minimal enam bulan kalau Anda berhenti atau terlewat harus diulang kembali dari awal selama minimal sembilan bulan. Kuman penyebab TBC termasuk kuman yang paling keras kepala sehingga memerlukan tiga macam antibiotik khusus TBC yang diberikan rutin selama enam bulan.

Pengaruh penurunan berat badan pada TBC selain karena tubuh melawan penyakit kronis juga dikarenakan efeknya pada penurunan nafsu makan. Jika nafsu makan Anda sudah membaik berarti tanda bagus. Kebanyakan penderita TBC akan naik berat badannya setelah selesai pengobatan nanti. 

Lebih jelasnya bisa baca di artikel mengenai penyakit Tuberkulosis

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala paru-paru basah pada anak terlihat seperti kondisi umum, seperti batuk berdahak dan demam

Tidak Hanya Orang Dewasa, Anak-anak Juga Rentan Mengalami Paru-paru Basah

Bukan hanya pada orang dewasa, paru-paru basah juga bisa terjadi pada anak-anak. Gejala paru-paru basah pada anak terlihat seperti kondisi umum, yakni batuk berdahak, demam, dada sakit, hingga sesak napas. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus.