Infeksi TB Pada Anak-Anak

SM Info Penanya: SM, Wanita, 34 Tahun
Salam Dokter, saya sekeluarga mengidap radang paru-paru, saya dan suami saya menjalani pemeriksaan dahak sementara anak-anak saya menjalani pemeriksaan rontgen. Anak pertama saya berumur dua tahun dengan berat 11 kg dan anak saya yang kedua berusia 10 bulan dengan berat 7,3 kg. Kami telah diberikan pengobatan untuk enam bulan, tetapi saya mengalami kesulitan saat memberikan obat kepada anak-anak saya, karena mereka akan memberontak dan memuntahkannya. Apa ada cara supaya anak-anak saya dapat meminum obatnya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu SM,

Untuk pengobatan yang teratur pada penderita sakit TB Paru, maka bila obat sudah diminum sampai 1 bulan berturut-turut maka penderita tidak lagi menjadi penyebar infeksi ke lingkungannya. Sebelum masuk dalam waktu sebulan, maka sebaiknya hindari kontak dengan orang lain dengan selalu memakai masker dan usahakan cahaya masuk dalam rumah.

Penegakkan diagnosa TB Paru pada anak, tidaklah semudah pada orang dewasa. Tidak cukup hanya dengan foto rontgen paru tetapi ada faktor pemeriksaan lainnya dan dengan sistim skoring (penyumlahan faktor dan hasil tes).

Bila total skoring sama dan lebih dari 6 dengan skor maksimal 13, maka anak akan diberi OAT (Obat Anti Tuberkulosa) selama 2 bulan kemudian dievaluasi kembali dengan kontrol ke dokter.

Anak dengan skor 6 karena kontak dengan orang dewasa, dan hasil uji tuberkulin positif (adanya diameter lebih dari 10 mm) akan diberikan INH Profilaksis sesuai dengan umur anak.

Sekarang yang terpenting adalah melakukan pemeriksaan lengkap dengan Dokter Spesialis Paru (SpP) atau Dokter Spesialis Anak (SpA) yang telah memiliki sertifikat khusus untuk menangani TBC pada anak, untuk keperluan penegakkan Diagnosa TB pada anak, barulah kemudian persiapan untuk langkah pengobatan selanjutnya. Mungkin diperlukan konsultasi dan pemeriksaan ke beberapa Dokter untuk perbandingan hasilnya, karena sering kali Dokter keliru dalam menentukan Tb paru pada anak. Hal ini karena mendiagnosis Tb Paru anak memang sulit, tidak segampang pada orang dewasa.

Janganlah cemas dengan bagaimana cara memberikan obat kepada anak, yang terpenting adalah mencari tahu apakah anak-anak benar telah terinfeksi TBC atau tidak. Karena obat yang tidak diperlukan oleh tubuh akan menjadi racun yang tidak berguna untuk anak-anak.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengatasi lendir di tenggorokan bisa dilakukan di rumah maupun dengan bantuan dokter

Lendir di Tenggorokan Tak Kunjung Hilang? Ini Cara Meredakannya

Anda mungkin pernah mengalami lendir di tenggorokan yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Meski tidak berbahaya, Anda sebaiknya mengenali penyebab dan cara mengatasi tenggorokan berlendir ini.