Infeksi saluran pencernaan

RC Info Penanya: RC, Pria, 24 Tahun
Dear Dokter,Sudah 3 hari di opname karena infeksi saluran pencernaan, tapi setelah keluar RS muntah dan mencret masih ada padahal selama di RS sudah menunjukan perbaikan. Apa yang harus saya lakukan, Dokter? Saat ini anak saya umur setahun 5 bulan. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Bapak RC,

Untuk anak-anak saat mengalami diare dan muntah maka prisip penanganan sementara dirumah adalah pastikan jumlah cairan yang terbuang lewat BAB dan muntah dapat digantikan dengan jumlah cairan yang masuk. Cairan masuk bisa diperoleh dari minum susu, minum teh manis dan minum oralit. Beri obat penurun panas bila anak panas saja.

Bayi dan anak lebih mudah mengalami dehidrasi, dan kondisi ini harus diwaspadai karena membahayakan.

 

Perhatikan tanda-tanda dehidrasi yaitu :

  • Anak rewel atau tidur terus
  • Tangan dan kaki dingin
  • Kulit pucat dan keriput
  • Tidak kencing
  • Mulut kering
  • Mata cekung
  • Anak tidak mau minum

Apalagi ditambah dengan anak mengeluh sakit perut, ada darah dalam feses, dalam dua hari tidak berhenti mencret dan muntah maka sebaiknya segera bawa anak ke UGD RS atau Dokter anak (SpA) terdekat

Bila saat dirumah kondisi anak tidak membaik, sebaiknya segera bawa anak untuk kontrol lagi ke Dokter yang merawat. Perhatikan makanan dan minuman yang diberikan supaya bertahap dulu pemberiannya, dari makanan cair, lunak dan kemudian keras secara bertahap sesuai kemajuan yang anak alami

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pencernaan bayi yang belum bekembang dengan sempurna membuat bayi sering mengalami muntah, namun hal tersebut adalah suatu hal yang wajar.

Bagaimana Cara Mengatasi Bayi Sering Muntah? Ini 7 Tips Penanganannya!

Bayi sering muntah memiliki beberapa penyebab, salah satunya adalah tertelan benda asing. Dan untuk cara penanganannya, tetaplah beri oralit dan juga berkan minuman manis untuk bayi.