Infeksi Rubella, bagaimana cara mengobatinya?

A Info Penanya: A
selamat siang dok mau tanya apa benar rubella tidak ada obatnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Virus rubella menyebabkan timbulnya ruam merah pada seluruh tubuh, demam, pembengkakan kelenjar getah bening (pada leher, sela paha, atau ketiak). Menularnya melalui udara dari penderita lain yang bersin atau batuk, makanan / minuman serta barang yang terkena liur penderita. Biasanya akan sembuh dalam waktu 1 minggu dan tergolong penyakit yang ringan. Masalahnya jika yang terkena ibu hamil maka dapat mengakibatkan kecacatan pada janin, seperti kelainan jantung, tuli sampai dengan kerusakan otak.

Tidak ada pengobatan yang mempersingkat infeksi rubella, jadi sementara masih ada gejala harus menjauhi ibu hamil. Untuk mengurangi demam atau radang bisa menggunakan obat pereda panas dan nyeri yang dijual bebas di pasaran. Beberapa cara untuk mencegah terkena infeksi virus rubella yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun, gunakan tisu saat batuk/bersin kemudian dibuang ke tempat sampah, dan tidak boleh berbagi alat makan, handuk, gelas, pakaian atau tempat tidur.

Kondisi-kondisi yang Dapat Dikenali Sebagai Gejala Campak. Anda juga dapat konsultasi langsung dengan Dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai. Salam Sehat, dr. Andre Zaini
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Virus H5N1 adalah virus flu burung yang dapat ditularkan dari unggas yang terinfeksi ke manusia

Mirip Flu Biasa, Inilah Gejala Flu Burung

Gejala flu burung kerap disepelekan karena sama seperti gejala flu biasa. Virus H5N1 penyebab flu burung telah menjadi wabah yang ditularkan dari unggas ke manusia. Segera periksakan diri apabila gejala flu berlangsung lebih lama.