11 Feb 2021, 22:27Infeksi

Sakit dan gatal saat buang air kecil, kenapa?

FL
Info Penanya: FL0
Kenapa yah dok kok saya ng buang air kecil terasa sakit dan gantal
113 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, F.Rasa sakit dan gatal saat buang air kecil mengarah ke suatu kondisi yang dikenal dengan infeksi saluran kemih (ISK). Penyebab ISK biasanya adalah infeksi bakteri; baik pada ginjal, saluran kencing atas (ureter), kandung kemih, atau saluran kencing bawah (uretra). 

Gejala ISK

Selain rasa sakit dan gatal saat buang air kecil, biasanya ISK juga disertai dengan gejala lain. Beberapa keluhan yang mungkin dialami juga adalah:
  • demam
  • nyeri pinggang atau perut
  • nyeri pada alat kemaluan
  • warna urine agak gelap
  • muncul darah pada urine
  • rasa panas saat berkemih
Sebagai penanganan awal, Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Rata-rata orang dewasa membutuhkan cairan sebanyak 1.5-2 liter per hari. Hindari dulu kopi, teh, dan minuman bersoda, ya. Lalu, senantiasa jaga kebersihan organ intim dengan memilih pakaian dalam yang longgar dan menyerap keringat.Apabila keluhan tidak membaik setelah melakukan saran-saran tersebut, maka konsultasikan segera kepada dokter urologi. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan laboratorium seperti urine rutin, atau pemeriksaan penunjang lain yang diperlukan misalnya rontgen atau USG. Setelah dapat dipastikan bahwa ada infeksi saluran kemih, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran kencinginfeksi saluran kemihsaluran kemih
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil