Mr P bernanah, apa penyebabnya?

R Info Penanya: R
slmt malam dok. saya mau tanya. saya uda 2 minggu .penis saya keluar cairan seperti nanah. buat kencing juga rasanya agak perih dok. suda saya bawa ke dokter. udah menjalani perawatan obat antibiotik di rumah. tpi kok gak bisa hilang ya dok. sampai obat nya mau habis. penis saya masih keluar cairan seperti nanah tadi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, R.

Mr P atau penis bernanah paling sering disebabkan oleh infeksi menular seksual, dimana biasanya hal ini terjadi setelah seseorang melakukan hubungan intim berisiko tanpa pengaman. Beberapa jenis infeksi menular seksual yang sering terjadi adalah gonorhae, trakomatis, klamidia, maupun herpes genital.

Selain penis bernanah, seseorang yang mengalami infeksi menular seksual biasanya juga mengalami gejala seperti rasa panas pada penis, maupun nyeri saat buang air kecil. Selain itu, terkadang kutil atau bintil-bintil di penis juga dialami.

Apabila Anda memang pernah melakukan hubungan seks berisiko, maka kemungkinan besar Anda mengalami infeksi menular seksual, ya. Oleh karena itu sangat disarankan agar Anda kontrol kembali ke dokter spesialis kulit dan kelamin, agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti mengamati cairan penis di bawah mikroskop. 

Dengan pemeriksaan yang tepat, maka dokter akan memberikan solusi yang sesuai. Karena, ada kemungkinan antibiotik yang kemarin Anda konsumsi belum cukup untuk membunuh kuman penyebab infeksi tersebut. Atau, bisa juga Anda mengalami penyakit lain, misalnya ejakulasi tanpa disadari, dan cairan tersebut bukan nanah tetapi sperma.

Untuk sementara, hindari dulu berhubungan seksual sampai benar-benar sembuh. Ke depannya, hindari bergonta-ganti pasangan, dan apabila terdesak harap menggunakan kondom, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dental dam merupakan kondom wanita untuk melakukan seks oral

Tahu Dental Dam? Si Kondom untuk Wanita Saat Seks Oral

Dental dam merupakan kondom wanita yang dapat digunakan ketika melakukan seks oral. Alat ini dapat menjadi alternatif pilihan dari kondom pria.