Apakah penyebab anyang-anyangan?

JV Info Penanya: JV, Wanita, 1 Tahun
Kenapa ya dok terkadang pagi hari sepeti anyabg”an tetapi malam hari beser mohon di jawab ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, JV.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Anyang-anyangan atau disuria merupakan suatu keadaan dimana muncul rasa tidak nyaman ketika sedang buang air kecil. Rasa tidak nyaman tersebut bisa berupa munculnya rasa nyeri, BAK tidak lancar, dan tidak lampias. Ketika Anda mengalami anyang-anyangan, biasanya Anda sering merasa ingin BAK namun pada saat BAK urin yang keluar hanya sedikit. 

Adapun penyebab dari anyang-anyangan adalah sebagai berikut:

  • Infeksi saluran kemih, yang lebih rentan terjadi kepada wanita karena uretra pada wanita lebih pendek jika dibandingkan dengan uretra pada pria
  • Masalah pada ginjal (batu, infeksi)
  • Infeksi menular seksual
  • Adanya kista yang menekan saluran kemih
  • Masalah refleks berkemih
  • Adanya massa (tumor/kanker) 

Tindakan yang bisa Anda lakukan jika terjadi anyang-anyangan adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dengan banyak minum, menjaga kebersihan area kewanitaan, ganti pakaian dalam 2-3 kali dalam sehari, tetap berusaha mengonsumsi makanan bergizi seimbang, lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar, dan bila nyeri bisa mengonsumsi obat pereda nyeri.

Jika keluahan dirasa tidak membaik atau semakin memberat, segera kunjungi dokter spesialis urologi untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pielonefritis atau infeksi ginjal rentan dialami oleh perempuan karena saluran uretra yang lebih pendek sehingga bakteri mudah masuk

Pielonefritis, Infeksi Ginjal yang Membuat Buang Air Kecil Terasa Menyiksa

Pielonefritis adalah infeksi ginjal yang harus diwaspadai. Bila infeksi ginjal ini dibiarkan tanpa pengobatan, maka akan rentan menyebabkan komplikasi.