Infeksi Paru-Paru?

KR Info Penanya: KR, Pria, 19 Tahun
Dok. Saya Kevin Rambi, bulan november saya di opname 5 hari karna hasil pemeriksaan dokter saya di diagnosa menderita Infeksi Paru-paru dan katanya karna bakteri.Saya diberikan obat antibiotik setelah keluar dari RS, dan seingat saya cuma kurang dari 1 minggu saya konsumsi antibiotik karna resep RS.Ada perubahan setelah diopname tapi sampe sekarang masih ada sedikit rasa sakit ditempat yang sama dan masih mudah kecapekan.Kalo gitu saya udah sembuh apa belum ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, KR

Terimakasih atas pertanyaanya di SehatQ.

Infeksi paru-paru adalah peradangan yang terjadi pada paru-paru yang disebabkan oleh mikroorganisme bakteri, jamur, parasit atau virus. Ada banyak jenis penyakit pada paru-paru seperti pneumonia (paru-paru basah), bronkitis, TBC dan lain sebagainya.

Gejala infeksi paru karena bakteri biasanya menimbulkan demam, kesulitan bernafas, sakit dan sesak di dada ketika batuk, perubahan warna lendir.

Pengobatan infeksi paru-paru karena bakteri adalah menggunakan antibiotik, antibiotik yang di berikan harus di habiskan secara tuntas untuk memastikan penyebab infeksi bakteri yang ada di dalam tubuh mati. 

Cara mencegah Infeksi paru-paru :

  • Vaksin pneumonia dan influenza
  • Mencuci tangan, demi menghindari penularan kuman dari orang atau benda yang terkontaminasi kuman
  • Menjaga kebersihan lingkungan
  • Menggunakan masker jika sedang batuk atau pilek

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi paru-paru dapat menimbulkan komplikasi yaitu empiema

Ketahui Kaitan Antara Infeksi Paru-paru Pneumonia dan Empiema

Infeksi paru-paru pneumonia yang tidak segera mendapatkan penanganan akan memicu penumpukan cairan pada paru-paru. Bila cairan berlebih ini terinfeksi, maka akan muncul nanah pada paru-paru atau biasa disebut empiema.