Infeksi paru membuat kondisi badan lesu dan lemah

MP Info Penanya: MP, Wanita, 2019 Tahun
Selamat malam dok,saya ingin bertanya,mertua saya sekarang lagi menderita infeksi paru dan kondisi badan nya selalu lesu dan lemah,kira" apa solusi nya dok biar sedikit bertenaga.trim's
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam MP

Adanya infeksi pada paru membuat sesak nafas dan demam, hal ini membuat tubuh cepat lelah akibat bernafas lebih cepat untuk memenuhi oksigen tubuh, selain itu laju metabolisme terganggu selama adanya infeksi didalam tubuh membuat seseorang mengalami lemas lesu. 

Selama terjadi infeksi paru maka disarankan untuk tirah baring atau istirahat di tempat tidur. Selain itu sebaiknya untuk meningkatkan makanan yang tinggi kalori dan tinggi protein. Makanan tambahan yang tinggi kalori dan protein yang bisa diberikan agar bertenaga adalah minum susu setiap kali selesai makan, diet tambahan ekstra dua telur tiap harinya. Selain itu suplementasi tambahan yang mengandung temulawak dapat diberikan untuk menambah nafsu makan dan stamina selama sakit. 

Salam sehat

dr.Zulham

MP
07 Sep 2019, 07:44
Kalau penderita TB mengidap diabetes juga solusi nya biar sedikit / tidak lesu bertenaga apa ya dok?
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vitamin dan nutrisi untuk meningkatkan nafsu seks

7 Makanan untuk Meningkatkan Kualitas Seks

Makanan berperan meningkatkan kualitas seks. Sebab, dorongan seksual yang sehat berhubungan dengan kesehatan secara fisik dan emosional. Jika kualitas hubungan dengan pasangan menurun, waktunya memperbaiki pola makan. Apa saja makanan yang bermanfaat untuk kualitas seks Anda?