Infeksi pada kemaluan mengeluarkan cairan bening

AR Info Penanya: AR
Dok, mau tanya kenapa penis saya sering mengeluarkan cairan bening, tapi kalau bangun tidur penis sy mengeluarkan cairan putih semacam sperma, tolong jwb dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AR,

Keluar cairan dari kemaluan adalah salah satu hal yang normal terjadi, tetapi jika keluar secara terus menerus ataupun disertai perubahan warna cairan seperti nanah, ada rasa nyeri saat buang air kecil, rasa panas ataupun ada riwayat melakukan hubungan seksual sebelumnya maka bisa disebabkan oleh infeksi pada saluran kemih ataupun saluran reproduksi akibat infeksi menular seksual. Bisa juga cairan bening keluar karena rangsang seksual ataupun mimpi basah.

Apabila tidak ada riwayat berhubungan sebelumnya, bisa juga terjadi infeksi pada uretra atau saluran yang menjadi aliran urine, bisa karena infeksi bakteri ataupun karena infeksi lainnya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter ataupun dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan apa yang jadi penyebabnya. Nantinya akan dilakukan wawancara mengenai keluhan yang dialami, dilakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan penunjang dan juga dilakukan pemeriksaan tambahan seperti misalnya pemeriksaan urine dan pemeriksaan sampel dari cairan tersebut.

Untuk itu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan sementara adalah:

  • Perbanyak minum air putih
  • Hindari melakukan hubungan seksual sampai benar-benar sembuh
  • Hindari mengonsumsi sembarangan obat
  • Jika nyeri bisa minum parasetamol
  • Hindari paparan konten seksual
  • Bersihkan dan rutin mengganti pakaian dalam dan bersihkan cairan yang keluar tersebut

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulup penis yang terlalu ketat sering sekali dialami oleh pria yang belum sunat

Mengenal Penyebab Kulup Penis Terlalu Ketat

Kulup penis yang ketat adalah gangguan yang terjadi pada pria yang belum melakukan prosesi sunat. Infeksi penyakit seksual dapat menjadi salah satu penyebabnya.