29 Jan 2021, 13:33Kulit & Kelamin

Apakah infeksi pada vagina dapat berbahaya?

IS
Info Penanya: IS0
Dok saya udah seminggu lebih infeksi jamur pada Vagina dan itu sangat mengganggu saya belum konsultasi ke dokter, dan saya cuma minum obat anti biotik, mohon masukan nya dok apakah infeksiny berbahaya atau tidak , trimakasih
164 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ISTerima kasih atas pertanyaannya.Vagina dan area sekitarnya merupakan bagian yang paling mudah untuk lembab.  Semakin lembab kondisi vagina dan vulva dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri yang semakin berlebihan.  Selain itu faktor hubungan seksual secara bebas dapat menyebabkan infeksi menular seksual pada vagina.  

Jenis infeksi pada vagina :

  • Infeksi jamur atau kandidiasis akan ditandai dengan keputihan yang berbau, putih kekuningan, serta dirasa gatal sekali.
  • Sedangkan infeksi bakteri (vaginosis bakterialis) akan mengalami keputihan yang kuning kehijauan disertai bau busuk, gatal dan panas di vagina.
  • Infeksi menular seksual seperti klamidia, gonore, sifilis akan mengalami keluhan pada vagina seperti keputihan yang sangat berbau, kental, nyeri, serta gatal pada vagina.
Penanganan infeksi pada vagina berdasarkan penyebabnya.  Jika menggunakan pengobatan tanpa anjuran dokter dan tidak sesuai dengan penyebabnya maka akan menimbulkan keparahan, pertumbuhan jamur yang semakin berlebih serta efek lain yang tidak diinginkan.  Infeksi di vagina yang tidak teratasi dengan benar akan menyebabkan infeksi menjalar ke leher rahim atau rahim. Untuk itu, anda dapat periksakan ke dokter spesialis kulit dan kelamin guna memastikan keluhan anda dan akan diberi pengobatan sesuai penyebabnya.Sementara ini hindari penggunaan sabun kewanitaan, pembalut berpewangi, tunda aktivitas seksual hingga keluhan membaik, gunakan pakaian dalam yang longgar dan serap keringat serta perbanyak minum air putih untuk menjaga kesehatan vagina.Semoga penjelasan ini bermanfaat. Salam sehat,dr. Farah
vaginitiskandidiasis vaginavaginosis bakteri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil