02 Dec 2020, 08:21Infeksi

Bagaimana cara mengatasi infeksi gigi dan rahang?

SW
Info Penanya: SW0
Halo Dokter,saya mau minta waktunya sebentar, begini,jadi pada usia masih SD gusi saya tampak muncul nanahnya dan pada saat usia 15-16 tahun mulai ada pembengkakan rahang,tapi masih kecil. Lalu kemudian di usia 18 tahun lalu saya mencabut gigi yang terinfeksi itu berharap setelah di cabut bengkak di rahang segera sembuy,tetapi yg telah jadi ia tidak semakin membaik justru muncul kedutan di wajah dan pembengkakkan di rahang menyebar ke semua tulang di sekitar gigi tersebut?
509 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang SW,Infeksi pada gigi adalah hal yang bisa disebabkan oleh kebersihan gigi yang kurang terjaga dimana kondisi tersebut bisa berulang dan juga bertambah berat jika tidak ditangani dengan tuntas. Untuk itu selain dengan pencabutan gigi, perawatan kebersihan organ mulut secara rutin juga harus dilakukan agar tidak kembali berulang ataupun timbul infeksi yang lebih berat.

Infeksi berat bernama periodontitis

Jika dirasa keluhan infeksi menyebar dan lebih berat, sebaiknya segera diperiksakan pada dokter gigi atau dokter gigi spesialis penyakit mulut. Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi adalah periodontitis. Periodontitis adalah infeksi berat yang bisa menyebabkan beberapa keluhan seperti:
  • Gusi bengkak
  • Gigi goyang
  • Mulut terasa tidak nyaman
  • Nyeri saat mengunyah
  • Gigi tampak lebih besar atau panjang
  • Ada celah diantara gigi
Penyebabnya sendiri bisa karena infeksi gusi sebelumnya atau gingivitis, adanya karang gigi, infeksi bakteri, kebiasaan merokok, ada faktor keturunan, masalah gizi seperti kurang vitamin ataupun masalah kesehatan lain. Untuk sementara bisa redakan nyeri dengan menyikat gigi dengan rutin dan teratur, kumur dengan obat kumur atau air garam, minum obat pereda nyeri seperti parasetamol, hindari makanan yang mengiritasi dan menyebabkan nyeri, kompres dengan es atau air dingin dan lainnya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan gigiradang gusiabses gusi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil