Infeksi cacing

AA Info Penanya: AA, Wanita, 23 Tahun
Assalamualikum wr.wbDok saya mau bertanya... Jadi begini dok dalam kurun waktu lima tahun saya dua kali bab mengeluarkan cacing dok... Apakah ini indikasi saya terinfeksi cacing atau bagaimana? Mohon penjelasan dan solusinya dok... TerimakasihWassalamualikum wr. wb
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, Waalaikumusalam A

Terimakasih atas pertanyaannya

Infeksi cacing dapat disebabkan oleh beragam jenis cacing. Di Indonesia infeksi cacing jenis pita dan tambang yang sering terjadi. Cacing tersebut dapat menginfeksi dalam bentuk telur, larva, maupun saat sudah terbentuk sempurna. Infeksi cacing pita umumnya merupakan gangguan kesehatan yang ringan, jika hanya ada satu atau dua cacing pita dewasa yang terdapat dalam tubuh Anda. Namun bila infeksi disebabkan oleh larva dalam jumlah banyak, dapat terjadi gangguan yang bisa menimbulkan komplikasi.

Anda bisa terkena infeksi cacing pita jika mengonsumsi makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi oleh telur atau larva cacing dan dapat pula ditimbulkan oleh hewan peliharaan yang mengontaminasi tanah dan pasir yang menyentuh kulit manusia secara langsung.

Ketika terinfeksi cacing, tanda dari infeksi awal dapat berupa ruam dan gatal di kulit. Namun, dapat pula tidak bergejala bagi orang-orang yang terinfeksi cacing di tahap ringan.

Pada tahap yang cukup parah, gejala yang dapat terjadi meliputi :

  • Demam
  • Sakit perut hingga diare
  • Turun berat badan
  • Tidak nafsu makan
  • Mudah lelah dan lesu
  • Anemia atau kurang gizi
  • Ketika anemia semakin parah, bisa memicu gagal jantung 

Ditemukannya cacing saat BAB dapat merupakan tanda dari adanya infeksi cacing pada Anda, namun untuk lebih memastikan apakah Anda masih terinfeksi perlu dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter, meliputi :

  • Pemeriksaan sampel feses, sampel mengandung cacing pita yang sudah dewasa maupun telurnya.
  • Pemeriksaan darah jika diperlukan
  • Pemeriksaan fisik yang berkaitan 

Berikut saya lampirkan artikel sebagai ciri-ciri orang terinfeksi cacing informasi tambahan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat, terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam Sehat,

dr. Rahmita Dewi

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala awal cacingan pada anak adalah gatal di telapak kaki

Seru Main di Taman? Waspada Cacingan pada Anak!

Menyuruh anak untuk menggunakan alas kaki saat main bertujuan untuk mencegah masuknya larva cacing. Beberapa gejala awal cacingan pada anak, antara lain rasa gatal di telapak kaki dan kehilangan nafsu makan.