Impoten dan Diabetes

RM Info Penanya: RM, Pria
Saya menderita impoten karena penyakit diabetes. Saya impoten sdh setahun. Pertanyaan saya apakah impoten karena diabetes bisa disembuhkan? RZ dari Aceh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RM

Impotensi adalah keadaan sulit mempertahankan atau memulai ereksi. Pada penderita diabetes, masalah impotensi dapat terjadi dikarenakan terjadinya gangguan suplai aliran darah dan saraf pada penis saat adanya stimulasi seksual, sehingga sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi yang maksimal.

Secara normal ketika adanya rangsangan seksual, tubuh akan mengeluarkan zat yaitu nitrit oksida yang dilepaskan ke aliran darah yang akan menyebabkan arteri dan otot pada penis untuk relaksasi sehingga aliran darah ke penis akan meningkat dan menimbulkan ereksi. Pada penderita diabetes yang gula darahnya tidak terkontrol secara baik, produksi nitrit oksida ini akan mengalami penurunan sehingga sulit untuk mendapat ereksi yang maksimal.

Untuk menanggapi masalah RM, coba untuk mengontrol gula darah secara rutin untuk mendapatkan ereksi yang maksimal kembali, namun jika belum ada perubahan segera konsultasikan ke dokter secara langsung untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai dengan penyebab gangguan ereksi tersebut.

Semoga bermanfaat

Salam sehat,

dr. Ramadhan Harya

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita dengan disfungsi seksual biasanya mengalami penurunan gairah seksual

Bahaya Disfungsi Seksual pada Wanita dalam Hubungan Intim

Disfungsi seksual tidak hanya terjadi pada pria, tetapi wanita juga mengalaminya. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memengaruhi kualitas hubungan Anda dan pasangan. Dampak disfungsi seksual pada wanita, antara lain penurunan gairah seksual, sulit terangsang, sulit orgasme, dan nyeri saat berhubungan intim. Untuk mengatasinya, Anda dapat menambah variasi foreplay dan teknik saat melakukan hubungan intim.