Apa kaitan antara implantasi, haid, dan hamil?

BH Info Penanya: BH, Wanita
1.Apakah darah implantasi bisa deras?2.Apakah setelah haid tanpa adanya seks bisa hamil?3.Apakah mual lama bisa terjadi selain hamil & punya riwayat maag?4.Apakah tanda hamil selain mual dan muntah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi BH,

Pada kehamilan akan terjadi proses pertemuan antara sel telur dengan sperma dan terjadi pembuahan, dan janin akan menempel pada rahim. Proses penempelan janin ke rahim ini disebut dengan implantasi dan pada beberapa wanita dapat menimbulkan bercak-bercak darah yang disebut dengan flek. Namun bila yang muncul perdarahan banyak pada awal kehamilan maka bisa saja disebabkan oleh hamil anggur, hamil diluar kandungan atau terjadinya ancaman keguguran. 

Bila terjadi kehamilan tentunya tidak haid. Bila pasangan Anda mengalami terlambat haid dan kemudian perdarahan maka sebaiknya dilakukan tes pack untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Namun bila setelah haid Anda dan pasangan tidak melakukan hubungan seksual samasekali, maka tentunya tidak mungkin terjadi kehamilan, maka tidak perlu tes pack, artinya siklus haid pasangan Anda terganggu akibat faktor stres, kelelahan, atau perubahan berat badan, bukan karena sedang hamil.

Selain hamil, mual-mual bisa disebabkan oleh faktor gangguan lambung, batu empedu, atau adanya peradangan pada pankreas, dan faktor stres. Karena stres akan memicu produksi asam lambung lebih banyak sehingga lebih gampang mual terutama bila pasangan Anda makan secara tidak teratur dan sembarangan. Hindari makanan yang pedas, asam, kopi, kanji, ketan, santan serta soda. Usahakan makan dengan porsi kecil namun sering.

Pada hamil muda selain mual akan muncul gejala-gejala seperti lemas, malas, pusing, perubahan suasana hati, payudara terasa tegang, dll, setiap orang berbeda-beda gejalanya.

Bila Anda dan pasangan bingung, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan agar bisa dipastikan kondisi pasangan Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan, Mengapa Bisa?

Pendarahan dapat menjadi tanda dari hamil kehamilan anembrionik atau hamil kosong. Akan tetapi, Anda juga bisa mengalami hamil kosong tapi tidak pendarahan. Mengapa itu bisa terjadi?