Keluar flek saat terlambat haid, kenapa?

YA Info Penanya: YA, Wanita, 18 Tahun
Hallo dok saya sudah terlambat haid seminggu, namun 2 hari yg lalu saya mengeluarkan darah tapi coklat namun hanya dikit, tapi tak kunjung datang bulan juga ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YA.

Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda. Normalnya, siklus haid berkisar antara 21 sampai 35 hari, dengan rata-rata 28 hari. Siklus haid seharusnya teratur (atau jika bergeser, bisa maju atau mundur satu sampai dua hari). Tetapi, jika sudah bergeser satu minggu seperti yang Anda alami, hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh suatu masalah dalam tubuh Anda.

Terkait pertanyaan Anda, flek cokelat yang keluar saat terlambat haid bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan, yaitu:

  • Tanda akan datang haid selanjutnya, karena haid memang biasanya diawali dengan bercak, diikuti darah yang menderas, dan diakhiri dengan bercak lagi
  • Bercak implantasi yang keluar saat kehamilan
  • Gangguan pada rahim seperti PCOS
  • Penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti suntik atau pil

Untuk memastikan, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dilakukan pemeriksaan USG. Selain itu, bisa juga dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk memeriksa darah atau kadar hormon. Dokter akan memberikan terapi yang tepat setelah mengetahui penyebabnya.

Ke depannya, jangan lupa untuk selalu jaga keseimbangan hormon agar haid datang teratur. Anda dapat melakukan pola hidup sehat yaitu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, menghindari stres berlebihan, dan rutin berolahraga atau beraktivitas fisik.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Biasanya, siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Pahami Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak Normal

Siklus menstruasi adalah perubahan organ reproduksi wanita, tepatnya pada dinding rahim. Memahami siklus menstruasi dapat membantu Anda mengenali lebih jauh mengenai kondisi kesehatan organ reproduksi. Selain itu, Anda juga dapat mengantisipasi gangguan yang terjadi dalam tubuh, seperti PMS dan PCOS.