16 Nov 2020, 06:35Penyakit Lainnya

IgG reaktif, swab test PCR negatif?

NA
Info Penanya: NA0
Hai, tolong penjelasannya saya kalo setiap Rapid IgG Reaktif sedang klo SWAB hasilnya slalu negatif, sudah 3x saya Rapid dan SWAB dan hasil nya seperti itu, apakah IgG Reaktif itu bisa hilang? Dalam berapa lama? Dan apa yg saya harus lakukan untuk menghasilkan reaktif itu?
2272 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, NTerima kasih atas pertanyaan AndaPemeriksaan rapid test corona adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi antibodi pada tubuh kita terhadap beberapa jenis virus corona (tidak hanya covid19). Antibodi adalah bagian dari sistem imun yang berperan penting dalam melawan virus / bakteri / zat asing lainnya yang meneyrang tubuh. Saat dilakukan rapid test, alat tersesebut akan mendeteksi dua jenis antibodi pada tubuh kita terhadap virus corona.

Adapun 2 jenis antibodi akan dideteksi pada pemeriksaan rapid test corona adalah:

  • IgM, yang merupakan antibodi yang terbentuk saat tubuh pertamakali terpapar oleh virus. IgM ini akan bertahan sejak tubuh terinfeksi hinggai 21 - 28 hari atau sekitar 3 - 4 minggu.
  • IgG, merupakan antibodi masa lampau yang menandakan tubuh pernah terinfeksi pada masa lalu. IgG terdapat pada darah sejak 7-8 hari setelah tubuh terinfeksi dan akan bertahan lebih dari 4 minggu atau 28 hari
Pemeriksaan rapid test ini tidak spesifik terhadap virus, namun mendeteksi antibodi. Oleh sebab tiu, hasil IgG yang reaktif belum tentu terbukti positif terinfeksi oleh virus covid19. Pemeriksaan gold standar atau pemeriksaan konfirmasi yang menentukan seseorang terinfeksi virus covid19 adalah pemeriksaan swab test PCR. Pemeriksaan swab test PCR ini mendeteksi ada atau tidaknya virus covid19 pada saluran napas seseorang.Terkait dengan pertanyaan Anda, jika hasl IgG anda reaktif, bisa terjadi bahwa Anda ada riwayat terinfeksi oleh virus corona pada masa lampau. Hasil swab test PCR negatif, menandakan sudah terkonfirmasi bahwa Anda tidak terinfeksi virus covid19. Sedangkan IgG akan reaktif hingga beberapa minggu kedepan tergantung dari kondisi tubuh masing-masing orang, minimal dalam waktu 4 minggu. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter terdekat jika ada keluhan kesehatan, pastikan Anda tetap konsumsi makanan bergizi, lakukan olahraga ringan secara rutin dan laksankana protokol kesehatan yang berlaku.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
infeksi saluran pernapasaninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil