14 Jan 2021, 18:49Kandungan

Igd &, masalah reproduksi

ZA
Info Penanya: ZA0
Berdasarkan pengalaman aku masuk ugd 2kali dengan keluhan sakit menjelang menstruasi dan plek darah selalu pulang dengan obat lambung. Gejalanya pusing , punggung bawah terasa panas dan lemah. Bahkan hampir tidak sadar. Kenapa demikian? Kalo memang itu penyakit lambung kenapa gejala2 yg berbahaya bagi organ reproduksi saya diabaikan? Tolonf
260 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat siang, Z.Setiap pasien yang datang ke rumah sakit akan melalui prosedur yang ada, yaitu pendaftaran, pemeriksaan, penatalaksanaan, rawat inap atau rawat jalan. UGD merupakan unit gawat darurat dimana pasien-pasien yang datang perlu penanganan dengan segera. Jika pasien tidak dalam keadaan darurat sebaiknya melakukan pemeriksaan ke klinik, puskesmas, praktik dokter, atau poli. 

Mengapa pemeriksaan dan penatalaksanaan di UGD berbeda dari gejala yang dirasakan ?

Saat pasien datang ke UGD, dokter akan memilah pasien mana yang perlu penanagan segera dengan kode pasien merah, dan pasien mana yang dapat ditangani setelah pasien gawat selesai, atau pasien kode hijau. Dokter akan melakukan anamnesa atau wawancara apa yang dirasakan pasien, gejala, sejak kapan keluhan, penyebab, dan faktor risiko terjadinya penyakit. Hal ini akan dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik. Setelah melakukan pemeriksaan fisik, jika tidak ada kegawatdaruratan yang harus rawat inap, maka pasien tidak perlu dikonsultasikan ke dokter spesialis dan diberikan terapi untuk rawat jalan.Jika saat wawancara dan pemeriksaan fisik Anda mengarah ke penyakit lambung, atau nyeri sebelum menstruasi (gejala PMS) dan diberikan obat penahan rasa nyeri, maka dokter juga bisa meresepkan obat asam lambung. Ini ditujukan karena obat penahan rasa nyeri dapat membuat lambung terasa perih.Oleh karena itu, jika Anda merasa sangat sakit sebelum terjadinya menstruasi, hingga hampir pingsan dan tidak bisa beraktfitas, Anda bisa langsung datang ke praktik dokter spesilais kandungan, atau meminta rujukan terlebih dahulu ke puskesmas agar diperiksa lebih lanjut oleh dokter kandungan di poli rumah sakit. Anda juga perlu menerapkan hidup yang sehat, dengan menjaga pola makan, menjaga berat badan ideal, menghindari junk food, dan kelola stress dengan baik.Semoga bermanfaat.Salam sehat.
kram menstruasidispepsiapremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil