Ibuprofen untuk ibu menyusui, apakah aman?

MT Info Penanya: MT
Dokter, istri saya baru saja melahirkan 1,5 bulan yang lalu tapi dia sekarang terkena radang tenggorokan dan demam. Kemudian dokter memberikan resep obat ibuprofen, tapi apa obat ibuprofen ini antibiotik yang aman untuk ibu menyusui dok? Berbahaya gak ya dok untuk istri saya atau bayi saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MT,

Ibuprofen adalah obat golongan anti inflamsi non steroid (OAINS) dan bukan obat golongan antibiotik. Obat yang digunakan untuk mengatasi peradangan dan meredakan nyeri ringan hingga sedang dan juga memiliki efek antipiretik atau penurun demam.

Penggunaan obat ini pada ibu hamil dan menyusui menurut FDA (BPOM milik Amerika) adalah kategori C dimana didapatkan adanya risiko gangguan pada kehamilan tetapi penggunaannya bisa diberikan pada ibu hamil jika manfaatnya lebih besar dari risikonya. Ibuprofen juga hanya ditemukan sangat kecil pada ASI jika ibu mengonsumsi ibuprofen sehingga tidak membahayakan pada bayi.

Tetapi seperti obat lainnya, ibuprofen juga memiliki efek samping seperti diantaranya adalah:

  • Reaksi alergi obat
  • Gangguan pencernaan seperti penurunan nafsu makan, nyeri perut, mual, muntah, diare, sembelit, mulas
  • Gangguan telinga seperti berdenging atau tinnitus
  • Menimbulkan sakit kepala
  • Batuk dan juga bisa memicu perdarahan untuk itu perlu dihindari mengonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah atau obat golongan serupa bersamaan

Jika timbul efek samping seperti yang disebutkan perlu dihentikan penggunaannya dan kembali memeriksakan diri pada dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Di Indonesia, penggolongan obat telah ditentukan dan tidak boleh dikonsumsi tanpa rekomendasi dokter

Penggolongan Obat di Indonesia, Sudah Tahu Apa Saja?

Penggolongan obat di Indonesia membedakan cara mengakses obat serta kandungannya. Ada obat-obatan yang dapat dibeli bebas di apotek, namun sebagian besar obat membutuhkan resep dokter dan tidak bisa sembarangan dikonsumsi.