Ibuprofen dapat redakan demam akibat corona, benarkah?

WI Info Penanya: WI, Wanita, 12 Tahun
Dok, apa betul ibuprofen bisa digunakan untuk redakan demam akibat virus corona? Tapi apakah benar ibuprofen tidak disarankan oleh WHO untuk penggunaannya, dok? Kalau benar, berarti ibuprofen sebenarnya obat apa, dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, WI.


Saat ini seluruh dunia sedang diguncang dengan kejadian luar biasa atau pandemi Corona yang sangat membuat banyak orang cemas, kecemasan ini berujung dengan kehati-hatian seseorang dalam mengkonsumsi jenis obat-obatan, walaupun sebelumnya untuk mengatasi demam pasien biasa tidak bertanya-tanya kembali apakah obat yang digunakan cocok apa tidak mereka akan tetap mengkonsumsinya tanpa rasa khawatir. Saat ini obat penurun panas yang sedang marak dibicarakan adalah ibuprofen. Apa sih sebenarnya ibuprofen.

Ibuprofen adalah salah satu jenis obat yang dapat digunakan sebagai penurun demam dan pereda nyeri. Sebagai obat penurun demam banyak pasien bertanya-tanya apakah ibuprofen dapat digunakan untuk atasi demam pada Corona, dalam hal ini organisasi kesehatan dunia (WHO) memang benar merekomendasikan Paracetamol yang dijadikan sebagai obat penurun demam untuk pasien corona, namun belum ada penelitian lebih lanjut yang menyatakan bahwa ibuprofen tidak dapat digunakan sama sekali untuk pasien Corona. Sebenarnya tidak masalah menggunakan ibuprofen asalkan Anda dalam pengawasan dokter Anda.

Bukan hanya demam yang akan muncul pada seseorang yang terinfeksi corona, sebaiknya Anda berhati-hati dan menjaga daya tahan tubuh dan melakukan beberapa cara agar meminimalisir terjadinya penularan, hal yang sederhana adalah dengan mencuci tangan.

Cara mencuci tangan yang baik :

  • Cuci tangan menggunakan air mengalir
  • Gunakan sabun pencuci tangan atau sabun apapun yang ada dipasaran
  • Cuci tangan minimal selama 15 – 30 detik

Demikian semoga bisa menjawab pertanyaan yang Anda ajukan ya.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Salam sehat,
dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Positif terinfeksi virus corona sering ditandai dengan gejala batuk

Jangan Panik! Lakukan Hal Berikut Jika Anda Positif Terinfeksi Virus Corona

Positif terinfeksi virus corona yang paling akurat hanya dapat dilihat melalui tes SWAB. Pasien yang positif terinfeksi corona bisa menimbulkan gejala ringan, gejala berat, atau mungkin tidak bergejala sama sekali