Ibu usia 75 tahun mengeluh perut dingin, ada riwayat lambung dan gula darah tinggi. Apa penyebabnya?

AN* Info Penanya: AN*
Ibu saya berusia 75 thn..bbrp hari ini kulit perutnya sering terasa dingin..beliau punya sejarah penyakit lambung tp bbrp tahun ini normal..Glukosa N 222
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Radang lambung atau gastritis termasuk penyakit kronis yang bisa kambuh kembali. Lapisan lambung menjadi radang yang biasanya diakibat infeksi bakteri. Dinding lambung yang meradang bisa sampai menyebabkan luka. Kambuhnya sakit maag bisa terjadi secara tiba-tiba.

Ada beberapa faktor yang berperan pada ibu Anda. Pada lansia selera makan umumnya sudah berkurang sehingga lambung sering berada pada posisi kosong. Sehingga asam lambung seringkali membuat radang dinding lambung yang tipis pada lansia. Mengingat ibu Anda juga memilki kadar gula darah yang tinggi apakah saat ini dalam pengobatan? Efek samping obat yang paling sering pada pencernaan adalah menganggu fungsi organ lambung. Obat-obat seperti untuk diabetes, darah tinggi dan obat nyeri temasuk juga zat kimia lain, seperti kopi, jamu dan makanan pedas/berminyak.

Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan obat lambung yang dijual bebas di pasaran. Namun pada kasus yang berat ada baiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam terutama yang ahli di bidang pencernaan. Saya lampirkan juga rekomendasi makanan untuk lansia sebagai referensi Anda.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam lambung naik saat puasa dapat dicegah dengan mengontrol makanan yang dikonsumsi

Asam Lambung Naik Saat Puasa? Cegah dengan 7 Cara Efektif Ini

Saat berpuasa tubuh rentan mengalami asam lambung. Menghindari makanan seperti makanan asam, pedas, dan minuman yang mengandung kafein merupakan cara mencegah asam lambung naik saat puasa.