Ibu sering merasa sakit punggung dan gejala paru.

AR Info Penanya: AR, Pria, 14 Tahun
Aslmkum..dok saya mau tanya ibu saya sering merasa sakit didaerah punggung..itu karna apa ya.. Ibu saya punya gejala paru
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AR

Nyeri punggung sering dialami seseorang yang bertambah usia, terutama pada wanita yang telah menopause. Karena setelah menopause produksi hormon estrogennya sudah berkurang dan perlu dibantu dengan suplemen dari luar, misalnya susu atau tambahan kalsium. Kalsium tersebut fungsinya untuk menjaga kepadatan tulang. Jadi pengeroposan tulang (osteoporosis) bisa dicegah. Pengeroposan tulang belakang mengakibatkan terjepitnya saraf di tulang belakang dan bisa mengakibatkan nyeri, baal, sampai dengan kelemahan anggota tubuh.

Sedangkan gejala paru yang dimaksud, apakah sesak napas atau batuk? Tidak ada keterkaitan langsung dengan gangguan pada paru ke tulang belakang, kecuali penderita kanker paru yang mengalami penyebaran ke tulang.

Untuk mengatasinya nyeri tulang punggung bisa dibantu dengan obat nyeri yang dijual bebas di pasaran, serta menjaga postur tubuh seperti berdiri tegak, menggunakan korset atau menghindari pemakaian sepatu dengan hak tinggi. Untuk lebih jelasnya dapat konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Orthopedi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat olahraga juga penting bagi penderita paraplegia untuk meningkatkan stamina sekaligus kualitas hidup mereka

Lumpuh Bukan Halangan, Ini Manfaat Olahraga untuk Penderita Paraplegia

Penderita kelumpuhan, termasuk paraplegia, tetap bisa memetik manfaat olahraga. Bukan hanya menurunkan risiko penyakit, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien paraplegia.