Sakit perut dan terasa sesak, apa penyebabnya?

TS Info Penanya: TS
Halo dok selamat malam selamt liburan, saya anak ibu saya, dok mau bertanya ibu saya dulu pernah sakit jantung dan dirawat cukup lama. Sekarang beliau mengeluh rasa sakit seperti sesak kemudian bagian perut mengeras, kira kira kenapa yah dok? Tolong dibantu yah dok, kalo dokter bantu balasan kebaikan untuk dokter sam tuhan ditaambhin, kalo dokter bantu itu menambah nilai plus dimata saya kalo dokter itu ngga slalu harus face to face tapi bisa juga LDR :).Terimakasih dok selamat malam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TS,

Sakit perut adalah nyeri yang bisa timbul baik karena gangguan saluran pencernaan, gangguan pernapasan, gangguan jantung, gangguan organ lain di dalam perut. Sehingga perlu diperhatikan lokasi timbulnya nyeri dan apa gejala lain yang menyertai.

Tidak jarang gangguan jantung dan gangguan pencernaan seperti maag dan asam lambung memiliki gejala yang mirip seperti misanya sesak. Dalam hal ini ada baiknya untuk memeriksakan ibu Anda kembali secara langsung pada dokter.

Perhatikan gejala yang timbul disertai gejala lain apa dan apa pemicunya. Coba atasi gejala yang timbul dengan beberapa cara seperti:

  • Upayakan untuk menjaga asupan makanan pada ibu Anda dengan menghindari makanan yang bisa mengiritasi saluran pencernaan
  • Hindari makanan pedas, asam, bersantan, kopi atau kafein lain seperti soda
  • Perbaiki pola makan
  • Makan sedikit tapi sering
  • Dapat juga mengonsumsi antasida sebelum makan untuk membantu meredakan gejala
  • Penting juga agar mengelola stres karena keluhan juga bisa ditimbulkan oleh kondisi psikis.

Jika gejala tidak juga berkurang atau bertambah berat maka perlu segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jantung bengkak tergantung dari pemicu jantung bengkaknya, bila diakibatkan oleh serangan jantung, maka obat jantung bengkak yang diberikan akan berupa obat untuk mengatasi serangan jantung

Apa Saja Obat Jantung Bengkak yang Diberikan Dokter?

Tahukah Anda bahwa jantung bengkak bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat jantung bengkak bisa diberikan untuk mengontrol gejala jantung bengkak yang dialami.