26 Sep 2020, 21:54Kandungan

Terlambat haid setelah terlambat KB

AN*
Info Penanya: AN*0
Hai dok kemaren saya telat Kb trus saya brhubungan dan masuk ke dalam setelah 2 hari saya tespek hasilnya negatif dan saya lagsg suntik KB 1 bulan pada tanggal 2 september dan karna saya takut Hamil stlah berhubungan seminggu saya tespek lagi hasilnya tetap negatif tpi sampai sekarag sya blom haid tolong dok penjelasannya soalnya anak saya masih 9 bulan.
490 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang NS,Terlambat haid setelah berhubungan tidak selalu disebabkan karena kehamilan, apalagi jika sudah rutin menggunakan KB. Memang seharusnya suntik KB dilakukan rutin sesuai jadwal setiap bulannya karena jika terlambat bisa ada risiko kehamilan. 

Penyebab telat haid

Apabila sudah coba testpack setelah 1 minggu berhubungan dan hasilnya negatif berarti terlambat haid bisa disebabkan oleh faktor lain selain hamil. Bebebapa penyebab terlambat haid lainnya adalah:
  • Efek samping KB suntik
  • Masalah hormonal
  • Mengalami stres baik kelelahan secara fisik ataupun ada beban pikiran berlebih 
  • Masalah organ reproduksi seperti adanya tumor jinak, kista, sindrom polikistik ovarium atau PCOS
  • Penyebab lainnya
Jadi tidak perlu panik atau khawatir jika sudah rutin menggunakan KB, berikutnya bisa diperhatikan agar tidak terlambat suntik KB. Jika terlambat sebaiknya menggunakan kontrasepsi tambahan seperti kondom untuk mencegah kehamilan.Jika sampai 90 hari atau 3 bulan berturut-turut tidak hamil, bisa periksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidhamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil