18 Sep 2020, 09:18Kandungan

Ibu menyusui haid tidak lancar

MH
Info Penanya: MH0
Dok.. Saya habis melahir kan.. Sya menyusui eskultif.. Umur ank sya sdh 3 bulan & saya pun haid ngga lancar.. Dalam 1 bulan haid x bisa 4 sampai 5x dok.. Berhenti kira kira 4 atau 5 hari habis itu haid lagi.. Apakh itu normal
1398 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam MH,Haid yang tidak lancar pada saat menyusui adalah keluhan yang bisa terjadi karena beberapa kemungkinan penyebab seperti gangguan hormonal, mengalami kelelahan, stres psikologis, efek samping penggunaan kontrasepsi atau KB, gangguan saluran reproduksi dan penyebab lainnya.Apabila haid lebih dari 1 kali dalam sebulan setelah masa nifas dapat disebut dengan menometroragia atau haid yang siklusnya tidak teratur dan bisa terjadi haid dengan sering. Menometroragia juga bisa menimbulkan beberapa gejala lain seperti:
  • Perdarahan berlebih dapat berupa gumpalan
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Perdarahan diluar siklus menstruasi
  • Menimbulkan kekurangan darah atau anemia yang bisa menyebabkan pusing, mual, lemas, mudah lelah, sesak napas
  • Rasa tidak nyaman pada perut dan punggung
Apabila dalam 1 bulan terjadi haid lebih dari 2 kali maka sebaiknya dapat diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Perlu dilakukan pemeriksaan USG dan pemeriksaan lain yang dibutuhkan. Nantinya dokter bisa memberikan resep untuk menghentikan perdarahan baik yang hormonal ataupun non-hormonal. Perlu juga menjaga dan memperbaiki pola hidup sehari-hari agar haid lancar.Jika saat ini menggunakan metode KB nantinya juga bisa dikonsultasikan agar bisa menggganti metode KB sesuai dengan kondisi dan juga kebutuhan Anda dengan menimbang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode kontrasepsi. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
siklus haidmenstruasiibu menyusuigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil