Ibu menyusui bayi 2 bulan apakah boleh mengkonsumsi obat flu batuk?

LP Info Penanya: LP, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ibu menyusui yang punya bayi usia 2 bulan lbih dan sdang flu batuk bolekah mengonsumsi obat flu btuk yg mengandung paracetamol,dextrometrophan HBr,phenylephrine HCl?Berbahaya atau tidak dok untuk bayi saya dan asi ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Efek dari obat batuk anda yang mengandung paracetamol, dextromethorphan, dan phenylephrine sebetulnya tidak akan mencapai dosis yang cukup untuk memberikan efek melalui ASI. Sehingga anda tidak perlu takut mengkonsumsinya memberikan efek samping kepada bayi anda. Terutama bila usianya sudah lebih dari 2 bulan.

Problemnya adalah pada beberapa wanita phenylephrine dalam bentuk oral bisa menganggu produksi ASI. Sehingga bila ASI menjadi sedikit sebaiknya segera dihentikan. Anda bisa memilih produk seperti semprot hidung untuk pilek dan hidung tersumbat atau dengan aromaterapi / dihisap. Banyak minum dan terutama minuman hangat banyak membantu untuk mengurangi gejala flu. Semoga penjelasannya bermanfaat ya.

Salam Sehat, 

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tongue-tie dapat menjadi penyebab bayi tidak mau menyusu

Apakah Tongue-Tie Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusui?

Tongue-tie adalah kondisi saat membran tipis di bawah lidah bayi membatasi pergerakan lidah. Ketika seorang bayi mengalami tongue-tie, biasanya bayi tidak mau menyusu, makan, hingga menelan. Untuk mengatasi tongue-tie dengan operasi, sebaiknya lakukan observasi terlebih dahulu.