Ibu menjalani cuci darah 3x seminggu. Makanan apa saja yang boleh dimakan dan pantangannya?

2W Info Penanya: 2W, Pria, 38 Tahun
selamat sore dok, saya ingin bertanya ibu saya baru saja terkenan gagal ginjal dan baru menjalanin cuci darah 3 kali yg ingin saya tanyakan apasaja makanan yang boleh dimakan dan apa saja yg dilarang pada saat dirumah nanti? terima kasih dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, TS

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penderita ginjal secara keseluruhan harus menjaga pola hidup sehat. Makan makanan yang sehat dan seimbang. Membatasi asupan garam agar tekanan darah terkontrol dan cairan tubuh tidak meningkat. Kemudian olahraga yang teratur agar berat badan turun. Minum obat-obatan teratur seperti obat darah tinggi, kolesterol, penambah darah dan obat kencing agar cairan tidak menumpuk. Karena fungsi ginjal mengatur tekanan darah, menjaga hemoglobin dan menyaring cairan. Biasanya dianjurkan diet rendah protein agar hasil pencernaan dari protein tidak terlalu banyak dan mengurangi kerja ginjal. Berikut ada artikel mengenai makanan yang harus dihindari untuk penderita sakit ginjal.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa konsultasi dengan Dokter agar diberikan supplemen mineral yang diperlukan untuk ginjal dan makanan yang bisa diberikan untuk penderita ginjal. Kuncinya adalah membatasi jumlah cairan seperti dari makanan berkuah atau buah yang berair.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi iatrogenik adalah salah satu jenis infeksi saluran reproduksi

Tindakan Medis Dokter Malah Bisa Timbulkan Penyakit Ini, Benarkah?

Penyakit iatrogenik adalah infeksi saluran reproduksi akibat aktivitas yang dilakukan oleh petugas kesehatan terhadap pasien di rumah sakit. Kondisi ini pun bisa terjadi akibat komplikasi penyakit yang sudah ada.