Ibu hamil dan arti dari pemeriksaan protein urine.

MM Info Penanya: MM, Wanita, 21 Tahun
Selamat siang dok, saya ibu hamil dan kemarin baru saja melakukan cek protein urin, hasilnya +/- itu maksudnya bagaimana ya dok. Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MM

Protein pada urine termasuk abnormal, pada wanita hamil jika melebihi kadar 300 mg/24 jam pada saat kehamilan. Biasanya hasil tersebut ditulis +1. Protein sebenarnya tidak dikeluarkan melalui air seni dan seharusnya diserap oleh tubuh. Ditemukannya protein pada urine sebelum kehamilan atau usia kehamilan di bawah 20 minggu menandakan adanya gangguan di ginjal sebelum hamil.

Sedangkan jika ditemukan protein pada urine setelah usia kehamilan 20 minggu merupakan suatu tanda bahaya. Kadar protein pada urine bisa berubah-ubah tiap jamnya. Banyak wanita dengan kasus eclampsia (kejang pada kehamilan) memiliki kadar protein di urine yang rendah. Namun jika ditemukan protein pada kehamilan disertai tekanan darah tinggi yang semakin berat maka merupakan tanda preeclampsia yang perlu diwaspadai.

Diskusi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis Kandungan anda mengenai hal ini. Persiapan apa yang perlu dilakukan dan apa komplikasi yang bisa terjadi. Proteinuria sendiri bukanlah gejala yang menandakan kemungkinan terjadinya komplikasi preeklampsia. Tapi bisa membantu pada pasien dengan tekanan darah normal namun dengan proteinuria untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap preeklampsia.

Saya lampirkan artikel mengenai 7 Tes Kehamilan Trimester Kedua yang Penting Dilakukan selain proteinuria.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada berbagai mitos kesehatan yang masih umum dipercaya, seperti takaran air putih, obat detoks, hingga penyebab pilek

Beberapa Mitos Kesehatan Ini Sama Sekali tidak Bisa Anda Percaya

Minum air harus 8 gelas sehari? Ternyata itu isapan jempol belaka. Anda juga masih percaya dengan produk-produk detoks, yang sayangnya belum terbukti kebenarannya. Ada beberapa mitos kesehatan lain, yang mungkin masih Anda dan keluarga yakini hingga sekarang.