18 Sep 2021, 07:22Psikologi

Perbedaan stres dan depresi

CR
Info Penanya: CR0
saya merasa tidak ada yg mau mendengar ataupun percaya pada saya, bahkan orang tua saya enggan mendengarkan cerita saya terkesan mengabaikan seperti langsung ditinggal pergi, dan kalau saya cerita kedua orang tua saya malah memarahi saya? padahal saya ingin didengar, sekali2 ingin menangis tapi tidak ada yg mau, bahkan saya sering pergi keluar rumah bukan karena apa, saya ingin mencari ketenangan disaat rumah saya bukan tempat untuk pulang
96 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat siang, CKehidupan pasti selalu penuh dengan masalah. Masalah merupakan proses setiap manusia untuk menjadi dewasa dan lebih matang dalam kehidupan. Masalah yang kita hadapi sering  membuat kita merasa sendiri dan putus asa.Masalah juga sering membuat stres dan bahkan terkadang tanpa disadari anda mungkin sudah masuk dalam tahap depresi. Untuk itu, anda harus memahami perbedaan antara stres dan depresi terlebih dahulu, baru anda dapat memutuskan apa yang akan anda lakukan untuk menanggulanginya.

Stres

Stres adalah respon tubuh terhadap situasi yang kita hadapi, namun bila stres berlebih dapat menimbulkan penyakit, baik fisik ataupun mental.

Gejala stres :

  • Merasa kesepian dan tidak berharga,
  • Gelisah, murung dan frustasi,
  • Pikiran tidak tenang, dan cemas,
  • Tidak dapat mengendalikan diri,
  • Berfikir negatif,
  • Sulit menilai keadaan dalam waaktu singkat,
  • Sulit untuk berkonsentrasi,
  • Sulit tidur,
  • Sakit kepala,
  •  
  • Sakit dada,
  • Sakit perut,

Depresi

Depresi adalah kehilangan mood atau suasana hati, yang ditandai dengan sedih berkepanjangan dan kehilangan minat.

Gejala depresi :

  • Merasa sedih, sendiri,
  • Merasa tidak berharga,
  • Kehilangan minat pada sebagian besar hal, seperti hobi, 
  • Kesulitan untuk berkonsentrasi,
  • mudah tersinggung dan marah,
  • Mengalami gangguan tidur seperti sulit tidur ataupun banyak tidur,
  • Gelisah dan selalu merasa cemas,
  • Gangguan pada pola makan, kehiangan nafsu makan hingga berat badan berkurang, ataupun meningkatnya nafsu makan hingga berat badan bertambah,
  • Menyakiti diri sendiri, seperti memukul atau menyayat diri sendiri,
  • Memiliki keinginan untuk bunuh diri,

Tips mengurangi stres dan depresi :

  • Berkomunikasi, menceritakan kesulitan yang anda hadapi ke keluarga maupun ke teman terdekat, akan membuat masalah anda menjadi terasa lebih ringan dan dapat menerima bantuan dari keluarga atau teman anda,
  • Liburan, liburan akan meningkatkan kesenangan dan menimbulkan semangat,
  • Menggemari hobi baru, 
  • Rutin berolahraga, dengan olahraga akan memicu produksi endorfin, hormon yang membuat rasa senang,
  • Membuat target dan mereward diri anda ketika mencapai target, lakukan dari hal kecil dan pada kegiatan sehari, contoh; saya akan merapihkan kamar, dan setelah itu saya akan membeli segelas es kopi susu untuk mereward diri saya sendiri,
  • Cukup tidur dan istirahat,
  • Makan makanan yang dapat meredakan stres dan depresi, seperti coklat dan teh hijau,
  • Jangan malu dan ragu untuk meminta bantuan para ahli, berbicaralah pada psikolog untuk menanggulangi apa yang anda rasakan sekarang.
Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa   
depresikesehatan mentalstres
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil