Hypertension selama satu tahun tekanan darah tidak normal dan tips agar normal

IO Info Penanya: IO, Pria, 19 Tahun
dok saya ingin bertanya, saya mahasiswa usia 19th saya mempunyai hypertensi selama satu tahun tensi darah saya tidak pernah normal bagaimana solusi atau tips agar tekanan darah saya dapat normal kembali
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selama malam IO

Hipertensi paling sering ditandai dengan kenaikan tekanan darah sistolik ≥ 140 mmHg atau tekanan darah diastolik ≥ 90 mmHg. Beberapa penyebab hipertensi bersifat idiopatik seperti hipertensi esensial, efek gaya hidup seperti kegemukan, banyak konsumsi makanan asin, merokok, konsumsi cafein dan adanya penyakit penyerta seperti diabetes, gagal ginjal, kelainan ginjal dan jantung.

Untuk menurunkan darah tinggi dapat dengan melakukan pola hidup sehat seperti menurunkan berat badan jika gemuk, olahraga rutin, menghindari rokok, alkohol, hindari makan yang terlalu manis, hindari stress, jangan bergadang. Selain itu penurunan darah tinggi dapat dengan mengkonsumsi obat ACE inhibitor seperti captopril, golongan CCB amlodipin dan betabloker. Adanya banyak pilihat obat antihipertensi dan cukup aman di konsumsi.

Jika dengan perubahan pola hidup dan kontrol tekanan darah sulit dilakukan anda sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter spealis penyakit dalam untuk mencari tahu penyebab hipertensi anda seperti pada hipertensi sekunder. 

Salam sehat

dr.Zulham Effendy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Eklampsia bisa menimbulkan kejang selama kehamilan, karena adanya gangguan aktivitas otak

Kenali Faktor Risiko dan Gejala Eklampsia Selama Kehamilan

Eklampsia adalah kondisi gawat darurat pada kehamilan yang jarang terjadi, tapi sangat fatal bila tidak mendapatkan penanganan segera. Kejang yang disebabkan oleh eklampsia terjadi karena adanya gangguan aktivitas otak yang berakibat pada kehilangan kesadaran, gemetar, hingga kejang pada ibu hamil.