Memasukkan jari kedalam vagina apakah merobek hymen?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 23 Tahun
Saya blm pernah melakukan hubungan intim dok tetapi pernah melakukan fingering pada miss v apakah fingering bisa membuat hymen robek dok ?Dan apakah hymen robek tidak selalu ditandai dengan keluar darah ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

 

Hymen dalam bahasa awam lebih dikenal dengan selaput dara. Fungsi hymen sendiri adalah sebuah selaput yang berperan sebagai bukaan vagina,  Hymen masih dikaitkan identik dengan keperawanan wanita. Banyak yang berasumsi bahwa seorang wanita yang sudah tidak perawan hymennya robek padahal pada kenyataannya hymen memang tidak menutup total. Apabila hymen menutup total justru hal ini yang dikatakan kelainan sebab darah menstruasi tidak dapat mengalir. 

Pada dasarnya hymen itu elastis. Kemudian memiliki ketebalan yang berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini yang akan berpengaruh dengan mudah berdarah atau tidaknya hymen. Hymen berdarah hanya terjadi sekitar 40% dari populasi wanita. Kondisi tersebut disebabkan oleh karena pembuluh darah hanya sedikit pada hymen. 

Terkait dengan pertanyaan yang Anda ajukan, memasukan jari kedalam vagina dapat merobek hymen dan dapat juga tidak, sebab semua tergantung dari aktivitas seksual yang dilakukan. Hymen yang tebal dan kaku lebih sering menyebabkan robek dan muncul perdarahan. Namun pada hymen yang elastis kebanyakan tidak berdarah.

Risiko yang akan muncul ketika melakukan tindakan memasukkan jari kedalam vagina justru infeksi, sebab saat memasukkan jari bisa saja terjadi goresan pada dinding vagina yang akan menyebabkan keluarnya darah dan terjadinya infeksi.

Untuk memastikan hymen Anda robek atau tidak akibat memasukkan jari sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan ya.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vagina lecet dapat terjadi setelah melahirkan

Vagina Lecet Dapat Membuat Aktivitas Terganggu, Apa Penyebabnya?

Vagina lecet dapat terjadi karena banyak hal, namun umumnya hal ini terjadi setelah mencukur rambut di area kemaluan, berhubungan intim, dan juga melahirkan.