hukumnya kedua remaja melakukan sebuah hubungan intim lalu hamil dan menggugurkanya ,saat pengguguran wanita mati karna melakukan pendarahan hebat

IN Info Penanya: IN, Pria
bagaimana hukumnya kedua remaja melakukan sebuah hubungan intim lalu hamil dan menggugurkanya ,saat pengguguran wanita mati karna melakukan pendarahan hebat ,bagaimna tindak pidananya dan hukum apa yang di pakai
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IN

Abortus adalah proses keluarnya janin dibawah usia 20 minggu atau berat janin <500 gram dari rahim.

Aborsi yang dilakukan secara sengaja dapat dikenakan sanksi hukum, dalam bahasa  medisnya disebut  abortus kriminalis. Di Indonesia, pengaturan tentang aborsi dimuat dalam UU No.36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Pada umumnya, semua orang dilarang melakukan aborsi.

Berdasarkan pasal 75 UU Kesehatan, disebutkan hanya terdapat dua kondisi pengecualian untuk dilakukannya aborsi dengan alasan medis:

  • Yang pertama, adanya indikasi darurat kesehatan pada usia dini kehamilan yang mengancam nyawa ibu dan/atau janin, janin menderita kelainan genetik berat, atau cacat bawaan yang tidak dapat disembuhkan sehingga sulit bagi janin untuk bertahan hidup di luar kandungan.
  • Kondisi kedua adalah kehamilan akibat pemerkosaan yang menyebabkan trauma.

Aborsi yang dilakukan di luar dari kondisi di atas adalah ilegal. Sebagaimana dicantumkan dalam pasal 194 UU Kesehatan, yaitu tiap orang yang terlibat tindakan aborsi ilegal dapat dipidana penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal sebesar Rp. 1 miliar.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat

dr. Anugerah

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Porsi makan untuk ibu hamil perlu diperhatikan untuk menjaga kelancaran proses kehamilan

Jangan Sembarangan, Ini Panduan Porsi Makan Saat Hamil

Saat hamil, bukan berarti Anda harus makan 2 kali lipat lebih banyak dari seharusnya. Kenali porsi makan untuk ibu hamil yang tepat berikut ini.