Hubungan tulang hidung retak dan polip hidung

RZ Info Penanya: RZ, Pria, 19 Tahun
Selamat sore dok, Kemarin saya sempat mengalami kecelakaan sehabis bermain bola dan menyebabkan tulang hidung agak retak. Setelah mengalami pemulihan saya mendapati ada benjolan didalam hidung saya sebesar biji kacang. Apakah ada hubungannya dok, tulang hidung retak dengan munculnya benjolan tersebut? Mohon dijawab dok. Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Sealamat sore, A.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Patah tulang pada daerah hidung dapat berbeda dengan patah tulang bagian tubuh lainnya. Karena, tulang hidung terdiri juga dari tulang rawan sehingga lebih lentur dan terkadang tidak disadari. Umumnya kejadian patah tulang hidung terjadi karena adanya trauma atau cedera pada bagian area hidung dan wajah.

Beberapa gejala yang dialami saat terjadi patahnya tulang hidung diantanya :

  • Terjadi pembengkakan hidung atau wajah disekitarnya
  • Tekstur hidung menjadi lebih lembut
  • Adanya memar di bawah mata
  • Hidung menjadi bengkok (deformitas)
  • Mimisan
  • Saat disentuh, terdapat sensasi berderak
  • Adanya rasa nyeri dan kesulitan untuk bernapas 

Penanganan untuk kasus patah tulang hidung disesuaikan dengan derajat keparahannya, untuk kejadian yang ringan, dokter mungkin hanya akan meresepkan obat pereda nyeri, menyarankan penggunaan kompres es dan semprotan dekongestan hidung. Apabila kejadian patah tulang berat tidak diatasi, terdapat beberapa komplikasi seperti deformitas tulang hidung yang menetap, gangguan fungsi hidung, meningkatkan risiko untuk terjadinya radang pada sinus (sinusitis) dan gangguan hidung lainnya.

Terkait dengan keluhan dan pertanyaan Anda, pada dasarnya penyebab polip hidung belum diketahui secara pasti, dan umumnya disebabkan oleh reaksi alergi. Untuk memastikan keadaan pada hidung Anda sebaiknya diperiksakan lebih lanjut kepada dokter Spesialis THT. Jika memang terdapat polip pada hidung Anda, dokter dapat meresepkan obat anti radang tetes, semprot atau tablet, obat-obatan pereda alergi dan antibiotik jika dibutuhkan. Dan untuk opsi terakhir jika obat-obatan tidak dapat mengatasi polip dan terdapat gangguan jalan napas akibat polip yang membesar, dokter dapat menyarankan metode operasi (polipektomi).

Apabila terjadi gejala seperti sesak napas, keluar cairan bening mengalir dari hidung, sakit kepala berat, mual muntah, pandangan memudar hingga penurunan kesadaran segeralah mencari pertolongan medis darurat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat tapi tidak pilek mungkin ada kondisi kesehatan yang lebih serius

7 Penyakit yang Bisa Membuat Hidung Tersumbat, Walau Tidak Pilek

Hidung tersumbat sering dikaitkan dengan pilek atau flu. Namun, ada beberapa penyakit yang juga ditandai dengan hidung mampet. Ada 7 penyakit yang bisa sebabkan hidung tersumbat tidak pilek.