Melakukan hubungan suami istri dengan kondom, apakah bisa hamil?

RA Info Penanya: RA, Pria, 24 Tahun
Dok istri saya haid di tanggal 1 Agustus dan saya Berhubungan Badan tgl 30 agustus nah dok istri saya belum haid 5 hari setelahnya .Terus di saat berhubungan saya pake Kondom dan keluar di luar. Apa ini pertanda kehamilan dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang,  R

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Hubungan suami istri atau kerap disebut dengan hubungan seksual merupakan suatu kegiatan yang lazim dilakukan bagi pasangan suami istri, terlebih yang sedang menanti adanya kehamilan. 

Kehamilan dapat terjadi ketika sel sperma bertemu dengan sel terlur wanita atau disebut dengan istilah pembuahan. Apabila saat melakukan hubungan seksual Anda menggunakan kondom dan melakukan ejakulasi di luar vagina, maka tidak terjadi pembuahan yang menyebabkan kehamilan.

Terkait dengan terlambatnya siklus haid pada istri Anda, secara normal siklus haid wanita berkisar antara 2 1- 35 hari dihitung dari hari pertama haid terakhir sampai hari pertama haid pada periode berikutnya. Adapun kondisi yang mempengaruhi siklus haid selain karena kehamilan adalah stres, kelelahan, gangguan hormon, berat badan tidak ideal, atau adanya gangguan pada organ reproduksi wanita.

Agar siklus haid istri Anda lancar, lakukanlah hal berikut:

  • Jaga berat badan agar tetap ideal
  • Hindari stres, dan juga kelelahan dengan beristirahat dengan cukup
  • Rutin berolahraga ringan
  • Konsumsi makanan sehat bergizi 
  • Perbanyak sayur dan buah-buahan
  • Konsumsi vitamin C bila perlu

Jika siklus haid masih belum lancar walau sudah melakukan beberapa saran diatas, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pemeriksaan TORCH dapat mendeteksi beberapa infeksi pada ibu hamil.

Mengenal Pemeriksaan TORCH demi Kesehatan Janin dalam Kandungan

Pemeriksaan TORCH dilakukan untuk mendeteksi infeksi pada ibu hamil. Jangan pernah meremehkan pemeriksaan TORCH. Sebab, prosedur ini bisa mencegah penularan infeksi pada janin dalam kandungan. Kenalilah prosedur tersebut hingga langkah-langkah persiapannya.