Nyeri perut bawah, vagina dan saat buang air kecil, apakah penyakit menular seksual ?

M Info Penanya: M
Hallo, Dokter. Jadi begini dok, sebelum menstruasi, saya sudah mengeluarkan sedikit darah seperti flek dan saat itu saya berhubungan sex. Kemudian, selama 6 hari menstruasi saya tidak merasakan sakit tetapi pada hari ke 7, saya merasakan nyeri di bawah perut dan vagina saya terasa panas disertai nyeri pada saat buang air kecil. Sudah 3 hari ini saya mengalami hal tersebut dan setiap setelah buang air kecil pasti ada darah yang keluar tetapi tidak berbau. Apakah kemungkinan saya terkena PMS ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, M.

Nyeri perut bawah dan vagina yang disertai nyeri saat buang air kecil (BAK) merupakan keadaan yang dapat terjadi karena berbagai faktor dan kondisi medis. Keadaan tersebut umumnya berhubungan dengan gangguan organ reproduksi dan organ kemih. 

Adapun berbagai kondisi medis yang dapat menimbulkan keadaan tersebut, antara lainnya ialah :

Mengenai pertanyaan Anda tentang kemungkinan terjangkitnya penyakit menular seksual umumnya perlu ditelusuri terlebih dahulu riwyaat hubungan seksual sebelumnya apakah berisiko atau tidak. Jika hubungan seksual tidak menggunakan pengaman dan dilakukan dengan pasangan yang berisiko maka peluang untuk terjangkit cukup tinggi. Namun demikian tetap diperlukan pemeriksaan untuk memastikannya, karena kemungkinan lainnya seperti gangguan pada saluran kemih masih ada. Sedangkan mengenai adanya darah saat BAK, mungkin masih merupakan darah sisa haid Anda.

Untuk saat ini ada baiknya untuk memeriksakan diri secara langsung kepada dokter agar dapat diketahui secara langsung faktor penyebab dari keluhan yang Anda alami dan mendapatkan penanganan yang tepat. Hindari dulu berhubungan seksual dan perbanyaklah konsumsi cairan perharinya (2,5 L/hari untuk wanita).

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

servisitis kronis pada kehamilan

Mengenal Dampak Servisitis Kronis pada Fertilitas dan Kehamilan

Servisitis kronis adalah peradangan pada leher rahim atau serviks yang terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini umumnya terjadi karena infeksi menular seksual.