hubungan seksual menggunakan kondom

A Info Penanya: A
Pagi dok saya sehabis berhubungan dengan memakai kondom tiba tiba penis saya susah berdiri mohon bimbingan nya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Pak.

Terima kasih atas pertanyaannya,

Rasa tidak enak badan setelah berhubungan seksual wajar dialami oleh sebagian orang. Gejalanya bervariasi mulai dari pusing,nyeri perut, atau badan terasa lemas. Hal ini dapat disebabkan oleh :

  • Rasa sakit setelah orgasme

Rasa sakit setelah orgasme disebut  dysorgasmia. Kondisi ini lebih sering dialami oleh wanita hamil, wanita dengan penyakit saluran reproduksi, atau pria yang sudah menjalani operasi pengangkatan prostat.

  • Hiperventilasi

Saat berhubungan seksual, terdapat  tarikan napas menjadi lebih cepat dan memendek atau hiperventilasi. Saat hiperventilasi terjadi, Anda akan lebih banyak membuang napas dibandingkan mengambil napas, sehingga oksigen tidak dihirup secara optimal. Hal ini dapat menyebabkan  pusing, lemas, lunglai, bahkan pingsan.

  • Posisi seks tidak nyaman

Posisi seks yang tidak nyaman bagi salah satu pasangan dapat meningkatkan rasa cemas. Hal ini dapat meningkatkan ketegangan otot sehingga membuat otot menjadi lelah. Apabila dilakukan dalam hal lama akan menimbulkan gejala pusing dan lemas. 

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan terhadap kondisi Anda, yaitu cukup makan dan minum sebelum dan sesudah berhubungan intim, atur pernapasan, hindari posisi yang tidak nyaman bagi Anda dan pasangan, serta atur pernapasan saat berhubungan.

Demikian yang dapat disampaikan.

Salam sehat,

dr. Christine V.

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Susah orgasme pada wanita dapat berdampak pada hubungan seksual dengan pasangan

Tidak Hanya Pria, Susah Orgasme Juga Bisa Melanda Wanita

Masalah susah orgasme tidak hanya dialami oleh kaum Adam saja, faktanya, kaum Hawa juga dapat merasakan susah orgasme. Susah orgasme atau anorgasmia bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti fisik, psikologis, dan hubungan dengan pasangan.