Hubungan seks sesudah menstruasi apakah bisa menyebabkan kehamilan?

HA Info Penanya: HA, Wanita, 2019 Tahun
Slamat malam dok saya mau tanya, saya habis menstruasi langsung hubungan sex 3 kali masuk di dalam itu apa menyebabkan kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, HA

Terima kasih atas pertanyaannya.

Biasanya setelah menstruasi tubuh wanita akan memerlukan waktu untuk mempersiapkan sel telur di indung telur (ovarium) sebelum akhirnya dikeluarkan di saluran tuba untuk dibuahi (ovulasi). Pada siklus haid normal 28 hari dimana haid dimulai setiap 28 hari. Maka ovulasi biasanya terjadi 2 minggu sebelum haid berikutnya atau hari ke-14 setelah mulai haid. Dan usia sperma hidup di dalam vagina kurang lebih 24 jam. Jadi secara teori sampai dengan hari ke-12 kemungkinan hamilnya juga kecil.

Tapi jangan lupa faktor siklus haid yang biasanya 28 hari bisa berubah menjadi cepat atau lebih lama dari biasanya. Seperti banyak pekerjaan di kantor, stres atau kurang tidur. Biasanya pada saat ovulasi terjadi peningkatan suhu tubuh, libido dan produksi cairan vagina untuk memfasilitasi proses pembuahan. Untuk lebih jelasnya mengenai masa subur dapat dibaca pada artikelnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh HA
22 Sep 2019, 06:34
Iya dok trimakasih

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wanita dengan disfungsi seksual biasanya mengalami penurunan gairah seksual

Bahaya Disfungsi Seksual pada Wanita dalam Hubungan Intim

Disfungsi seksual tidak hanya terjadi pada pria, tetapi wanita juga mengalaminya. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat memengaruhi kualitas hubungan Anda dan pasangan. Dampak disfungsi seksual pada wanita, antara lain penurunan gairah seksual, sulit terangsang, sulit orgasme, dan nyeri saat berhubungan intim. Untuk mengatasinya, Anda dapat menambah variasi foreplay dan teknik saat melakukan hubungan intim.