Hubungan sakit maag dan rasa cemas berlebihan

P Info Penanya: P
Saya memang ada riwayat sakit maag. Belakangan sakit maag sering kambuh meskipun saya sudah makan tepat waktu dan menghindari jenis makanan yang memicu maag kambuh.Tapi memang ada faktor luar yang sering membuat saya cemas dan khawatir berlebihan. Kadang kalau ada masalah berat, sakit maag kambuh dan bikin lemes sampai gemeteran. Apakah benar dok, sakit maag ini bisa dipicu stres dan rasa cemas? Mohon penjelasan dan pengobatan yang tepat untuk masalah saya tersebut. dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Gangguan cemas berlebih erat kaitannya dengan kenaikan asam lambung dan dapat memicu gangguan pencernaan. Begitu juga sebaliknya, sakit maag kronis dapat membuat kecemasan yang berlebihan. Gejala yang paling umum dari maag adalah perut terasa mulas. Ini disebabkan karena otot cincin di ujung kerongkongan tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebakan lubang saluran terbuka secara spontan. Gejala lainnya berupa sulit menelan, mual muntah, dan rasa terbakar di tenggorokan. Kenaikan asam lambung yang sering bisa menyebabkan terjadinya GERD. Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang sering cemas beresiko dua sampai empat kali terkena GERD. Saat cemas, asam lambung akan diproduksi tiga kali lebih banyak dari biasanya. Ini disebabkan karena otak memproduksi zat kimia yaitu kolesistokinin yang berperan menimbulkan GERD dan hormon prostaglandin menurun akibat gangguan cemas.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengatasi penyebabnya terlebih dahulu yaitu gangguan cemas. Anda dapat mengonsumsi obat-obatan penurun cemas dari dokter spesialis jiwa dan dapat dilakukan psikoterapi dengan tujuan mempercepat penuruan gejala cemas, panik dll.

Selain itu, ada juga tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah stres dan menjaga keseimbangan asam lambung Anda, yaitu:
  • Olahraga yang teratur.
  • Hindari makanan yang dapat memicu meningkatnya asam lambung seperti cokelat, kafein, makanan asam dan pedas.
  • Tidur yang cukup.
  • Tertawa dengan cara menonton film lucu atau sekedar mengobrol dengan teman sehingga dapat mengurangi gejala stress.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala maag yang parah harus ditangani dengan obat maag dengan konsultasi dokter.

Sebelum Jadi Parah, Jangan Abaikan Ciri-Ciri Maag Ini

Ciri-ciri maag berupa muntah, mual, rasa sakit di perut bagian atas, kembung, kurangnya nafsu makan, dan cegukan. Mengobati maag harus dengan obat maag dengan diagnosis dokter.