hubungan penyakit maag dengan nyeri di bagian belakang

I3 Info Penanya: I3, Pria, 32 Tahun
Hai dok, mau tanya saya ada punya penyakit maagh terus 1 tahun belakangan ini saya sering sakit di bagian belakang..apalagi kalau habis bangun tidur itu sakit sekali tetapi setelah buang air besar / air kecil sakitnya agak mereda sedikit..1. Apakah ada hubungannya dengan maagh.?2. Kira" saya kena penyakit apa ya ? & Cara mengobatinya gimana ya?Terimakasih sebelumnya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Pak.

Terima kasih atas pertanyaannya.

Gangguan asam lambung atau yang sering disebut penyakit maag adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan.

Penyakit maag dapat disebabkan oleh :

  • Infeksi saluran pencernaan

Infeksi saluran pencernaan luas lingkupnya, mulai dari lambung, usus kecil, usus besar hingga anus. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa mual, muntah,demam hingga gangguan BAB. Untuk mendiagnosa, Anda harus melakukan pemeriksaan lebih lengkap ke dokter spesialis terkait.

  • Pola makan dan gaya hidup tidak sehat

Sering telat makan dapat mencetuskan sakit maag. Hal ini disebabkan karena lambung melakukan proses pencernaan tiap 3-4 jam sehari. Jika tidak ada makanan yang dicerna, maka produksi asam lambung terus terjadi dan akan melukai dinding lambung sehingga menyebabkan iritasi pada lambung. 

Selain waktu makan, jenis makanan tertentu juga dapat menyebabkan penyakit maag, diantaranya makanan pedas, berminyak, mie, makanan dan minuman instan, makanan asam, makanan berbahan dasar ragi, minuman soda

  • Stres

Stres dapat menyebabkan produksi asam lambung berlebihan

Gejala penyakit maag diantaranya :

  • Nyeri ulu hati, nyeri perut
  • Rasa kembung
  • Mual hingga muntah
  • Rasa panas hingga terbakar di dada
  • Sering bersendawa
  • Rasa tidak nyaman di perut setelah makan

Penyakit maag sendiri harus diidentifikasi terlebih dahulu. Disarankan untuk mengkonsultasikan gejala Anda ke dokter spesialis penyakit dalam sub pencernaan untuk mengetahui penyebab sakit maag tersebut. Namun untuk pencegahan kekambuhannya dapat dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat, makanan bergizi serta menghindari stres.

Untuk gejala nyeri bagian belakang, mungkin dapat lebih dijelaskan lagi, bagian belakang mana yang dimaksud, apakah punggung, bokong (maaf), pinggang atau bagian tubuh lainnya sehingga dapat memberi penjelasan yang berkaitan atau diinginkan.

Salam Sehat,

dr. Christine V

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita GERD kerap mengalami naiknya asam lambung hingga tenggorokan hingga menyebabkan rasa terbakar

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik, Alarm Bagi Penderita GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit gangguan asam lambung. Pada penderita GERD, ciri-ciri asam lambung naik bisa beragam, mulai dari batuk kronis, bau napas tidak sedap, hingga sensasi terbakar di dada.