Hubungan kejang dan mantan pemakai narkotika?

RR Info Penanya: RR, Pria
dok begini saya mau tanya dulu memang saya pemakai obat2an,narkoba,minuman beralkohol tapi saya sudah 5-6 tahun berhenti dok tapi saya skrang mempunyai penyakit kejang2 terus teriak2 gak sadar dok tapi saya juga sudah berobat ke dokter saraf tapi aneh suka terjadi lagi kejang2 ?mohon info nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RRP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Penggunaan narkotika akan memberi efek toksin dan komplikasi jangka panjang pada otak dan gelombang listriknya. Kejang seringkali terjadi karena ada gangguan gelombang listrik di otak. Bisa dialami pada pemakai aktif atau yang sudah berhenti. Apalagi dengan narkotika jenis baru yang memberi efek lebih kuat dan gejala sisa dibanding obat lama. Efek sisa pada otak tergantung dari seberapa lama pemakaiannya dan seberapa berat kecanduannya, sehingga bisa diperkirakan seberapa berat kerusakan pada sel otak. 

Apalagi saat Anda kejang terjadi kekurangan aliran oksigen, penurunan tekanan darah, dan perubahan kimia lainnya pada otak. Semakin lama kejang tidak ditangani maka bertambah pula kerusakan otaknya. Sebaiknya Anda rutin konsultasi dengan Dokter Spesialis Saraf langganan Anda. Dan pastikan tubuh Anda bersih dari narkotika dan alkohol.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Epilepsi pada anak bisa berpengaruh terhadap perkembangan perilakunya

Epilepsi pada Anak bisa Berpengaruh pada Perkembangannya

Epilepsi pada anak bisa memberikan dampak yang berbeda, pada masing-masing penderitanya. Meski pada beberapa kasus perkembangan anak tidak terganggu, tapi untuk kasus lainnya, epilepsi juga bisa memengaruhi.