02 Nov 2020, 22:53Kandungan

Apakah risiko hubungan intim saat haid?

KA
Info Penanya: KA0
Maaf dok saya berhubungan intim pada saat haid tinggal sedikit atw hr terakhir..tp suami keluarin sperma nya di luar? Apa bisa menyebabkan kanker serviks atw penyakit lain nya?
2724 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, KARTerima kasih atas pertanyaannya.Berhubungan intim saat haid dalam dunia medis sebenarnya tidak dilarang.  Ada manfaat dan risiko yang terjadi apabila berhubungan intim saat haid.

Manfaat berhubungan intim saat haid :

  • Mengurangi kram
    Hormon endorfin yang dilepaskan saat wanita orgasme dikatakan dapat mengurangi rasa sakit saat haid serta sakit kepala yang terkadang dialami wanita menstruasi.
  • Waktu haid lebih singkat
    Saat wanita orgasme, kontraksi rahim akan meningkat sehingga dapat mengeluarkan darah haid menjadi lebih banyak dan membuat periode haid menjadi lebih singkat

Risiko berhubungan intim saat haid :

  • Terjadinya kehamilan
    Pada wanita yang memiliki siklus haid yang pendek, ada kemungkinan untuk terjadinya ovulasi dini sehingga kemungkinan untuk hamil masih ada.
  • Infeksi menular seksual
    Saat haid, leher rahim akan membuka sehingga dapat mempermudah penularan infeksi apabila ada benda asing yang masuk ke vagina.
  • Infeksi vagina
    pH vagina yang meningkat akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi jamur pada vagina.  Dengan melakukan hubungan intim akan semakin meningkatkan risiko infeksi jamur.
Perihal yang anda tanyakan, hubungan intim saat haid tidak menyebabkan kanker serviks.  Kanker serviks lebih berisiko terjadi pada wanita yang memiliki penyakit menular seksual, wanita muda yang sudah hamil beberapa kali, serta faktor keturunan.  Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, anda dapat merubah pola hidup menjadi lebih sehat, selalu menggunakan kondom apabila berhubungan, serta menjalani deteksi dini kanker serviks.  Anda dapat berkonsultasi lebih jelas tentang kanker serviks dengan dokter kandungan terdekat.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah 
hubungan seksualmenstruasiinfeksi jamurkanker serviks
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil