08 Jan 2021, 22:22Kandungan

apakah hubungan seksual hanya 1 kali dapat membuat hamil ?

SM
Info Penanya: SM0
Apakah sekali berhubungan intim bisa hamil dok
200 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, S.Berhubungan intim dapat menyebabkan kehamilan, walau hanya dilakukan 1 kali. Hubungan intim terjadi dimana penetrasi penis masuk ke vagina diikuti dengan keluarnya sperma. Sperma ini berjumlah jutaan dimana seluruhnya mencoba untuk membuahi sel telur yang telah matang di tuba falopi. Saat sperma berhasil membuahi sel telur, maka sel telur akan bersiap berubah menjadi zigot dan dibawa ke rahim untuk melakukan penempelan janin. Terkadang sumbatan di saluran tuba membuat hasil pembuahan ini menempel di saluran tuba, sehingga terjadi kehamilan di luar rahim atau yang disebut juga dengan kehamilan ektopik

Bagaimana cara mencegah terjadi kehamilan ?

Jika Anda dan pasangan belum ingin memiliki keturunan, baik karena usia yang belum matang, atau tidak dalam hubungan pernikahan, jarak anak yang terlalu dekat, kondisi tubuh yang masih trauma dengan persalinaan dan kehamilan sebelumnya dapat mecoba hal berikut :
  • Tidak melakukan hubungan seksual terutama seblum menikah.
  • Menggunakan alat kontrasepsi hormonal atau kontrasepsi non hormonal.
  • Tidak melakukan hubungan skesual di masa subur.
Cara-cara tersebut memang dapat mencegah terjadinya kehamilan, namun tidak menutup kemungkinan kehamilan dapat terjadi. Jika sudah terjadi kehamilan, maka Anda harus tetap merawat dan memberikan gizi yang terbaik untuk janin Anda. Segera konsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk menentukan alat kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda atau konsultasi masalah kandungan jika telah terjadi kehamilan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil