Berhubungan sperma dikeluarkan di luar, apakah bisa hamil?

R Info Penanya: R
Halo dok, saya mau tanya, saya kan berhubungan seminggu 5×, dan seperma selalu di keluarkan di luar, apakah gitu bisa hamil dok?,Mohon bantuan jawabannya, makasih :)
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan pada prinsipnya adalah bertemunya sel telur dan sperma di dalam rahim. Sel telur akan keluar stiap bulannya setiap 28 hari sekali jika memiliki siklus mentruasi teratur. Dan mengalami menstruasi selama 21-35 hari.

Jika Anda berhubungan dan sperma di keluarkan di luar, peluang kehamilan sangatlah kecil, namun peluang kehamilan masih ada. Sehingga jika Anda dan pasangan belum berencana untuk hamil. Sebaiknya gunakan alat kontrasepsi seperti kondom atau suntik, pil KB maupun IUD agar peluang kehamilan lebih kecil.

Beberapa tips lain, selain cara diatas agar peluang kehamilan lebih rendah :

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan, konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih minimal 2-3 liter / hari, istirahat cukup hindari stres dan aktifitas berat dan lakukan olahraga teratur. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Inseminasi buatan dapat meningkatkan peluang kehamilan

Persiapan dan Prosedur Inseminasi Buatan untuk Program Kehamilan

Inseminasi buatan bisa jadi alternatif bagi pasangan dengan masalah kesuburan. Prosedur ini dilakukan dengan menempatkan sperma langsung ke dalam rahim.