Hubungan intim apa akan menyebabkan terlambat haid?

FM Info Penanya: FM, Wanita, 22 Tahun
Selamat malam dok, sya ingin bertanya soal hubungan intim. Dok, saya haid tgl 23 july selama haid sya dan pasangan saya melakukan hubungan seks, tp kami melakukan hubungan seks alat kelamin pasangan saya, tidak masuk ke dalam sperma saya dok. Selama melakukan hubungan seks, sperma pasangan saya tembak di luar dok, apakah kemungkinan saya hamil atau mens saya akan telat ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang FM,

Hubungan seksual adalah salah satu cara menjalin komunikasi yang baik antar pasangan yang sudah menikah. Selain dapat mengurangi stres, meningkatkan hormon endorfin yang berguna untuk kesenangan, berhubungan seksual juga dapat membuahkan janin.

Perihal Anda yang berhubungan seksual selama masa haid, maka sebaiknya kebiasaan tersebut dihindari karena akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi seperti infeksi saluran kemih, radang panggul atau infeksi lainnya. Bila tujuan Anda berhubungan seksual selama masa haid untuk mencegah terjadinya kehamilan, maka Anda bisa menggunakan kondom atau KB untuk mencegah kehamilan, bukan dengan cara berhubungan seksual di masa haid.

Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada kaitan berhubungan seksual dengan terlambatnya haid, kecuali terjadi kehamilan. Namun bila Anda cemas berlebihan takut hamil, maka ketakutan atau stres tersebut akan menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon-hormon yang ada di dalam tubuh yang akan berdampak pada siklus haid yang mundur seolah-olah Anda sedang hamil.

Gunakan KB dan berhubungan seksual di luar masa subur untuk mencegah kehamilan. Anda bisa konsultasi dengan dokter kandungan bila Anda ingin menggunakan KB.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh FM
28 Jul 2020, 18:20
Jadi, kemungkinan saya tidak hamil kan dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
29 Jul 2020, 20:11
Selamat malam, FM.
Peluang kehamilannya kecil namun tidak dapat dipastikan. Seperti yang telah dijelaskan diatas hindari hubungan seksual saat periode menstruasi karena dapat mengakibatkan berbagai efek samping.
Salam sehat
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berhubungan seks saat hamil 9 bulan punya banyak manfaat

Berhubungan Seks saat Janin Sudah Masuk Panggul, Apakah Aman?

Berhubungan intim saat hamil tua tidak berbahaya dan justru dianjurkan. Selain bisa membuat lebih rileks, hubungan seks bisa memicu kontraksi rahim, sehingga persalinan berjalan lebih lancar.