Hubungan gangguan pola tidur dan kaki bengkak

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Pagi dok, izin share ya. Saya mengalami pembengkakan di kaki bahkan sering goyang setiap berdiri. Setiapkali dari posisi jongkok, saya sangat sulit berdiri. Ada yang bilang itu gejala gangguan ginjal. Padahal saya termasuk orang yang sering minum dok. Tapi jam tidur saya memang berantakan dan sering tidur di pagi hari. Adakah hubungannya pembengkakan kaki ini karena pola tidur saya yang salah? Mohon pencerahannya dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam L,

Pembengkakan di kaki bisa disebabkan oleh gagal ginjal, gagal jantung, Glomerulonefritis akut, Sindrom Nefrotik, selulitis, dll.

Sebenarnya tidak ada kaitan langsung antara kebiasaan begadang dengan kaki yang bengkak. Namun lebih kearah apa yang dilakukan selama begadang, misal minum kopi, minum minuman yang dapat meningkatkan stamina, makan snack dengan kadar garam yang tinggi, dll dimana kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat meningkatkan risiko hipertensi yang lama-lama dapat berdampak ke gagal jantung atau gagal ginjal. Selain itu duduk terlalu lama juga dapat mengakibatkan aliran darah balik di kaki tidak lancar, tidak dapat kembali ke jantung dengan baik, akibatnya terjadi pembengkakan di kaki. Sedangkan kurang tidur sendiri akan mempengaruhi metabolisme tubuh, sehingga tubuh tidak dapat melakukan regenerasi sel-sel dengan baik.

Sehingga tidur secara teratur dan cukup tidur penting untuk kelangsungan tubuh melakukan regenerasi sel-sel tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru. 

Bila Anda mengalami gangguan tidur, Anda perlu mencari tau penyebabnya apakah Anda sedang stres, depresi, mengalami GERD, dll.

Berikut ini beberapa tips agar Anda lebih mudah tidur :
  1. Ciptakan suasana kamar yang mendukung misal tidak berisik, bersih, wangi dan tidak terlalu terang.
  2. Kurangi stres.
  3. Hindari makan menjelang tidur, boleh makan maksimal 3 jam sebelum tidur.
  4. Hindari konsumsi kopi dan alkohol menjelang tidur.
  5. Minum susu hangat untuk relaksasi tubuh.
  6. Usahakan tidur dan bangun di jam yang sama.

Bila gangguan tidur berlanjut atau kaki semakin bengkak, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan tidur yang baik, dengan jadwal tidur rutin dan teratur, merupakan cara mengatasi insomnia efektif

Inilah Cara Mengatasi Insomnia yang Dapat Dilakukan dengan Efektif

Penderita insomnia biasanya memiliki berbagai hal yang menyebabkan kurangnya tidur, seperti masalah kesehatan, masalah pribadi, dan stres yang memengaruhi kemampuan untuk tidur. Kebiasaan tidur yang baik, dengan jadwal tidur rutin dan teratur, adalah cara mengatasi insomnia yang efektif.